Jumat 01 Apr 2022 11:43 WIB

Perbarindo Kembangkan Layanan Transaksi Digital BPR -BPRS

Pandemi COVID-19 mendorong naiknya preferensi masyarakat gunakan transaksi digital.

Perbarindo telah melakukan launching layanan berbasis digital yang diberi nama BPR e-cash dan BPR Digi.
Foto: istimewa
Perbarindo telah melakukan launching layanan berbasis digital yang diberi nama BPR e-cash dan BPR Digi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Perbarindo telah menggelar acara besar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) yang diselenggarakan secara Hybrid dengan peserta mencapai lebih 1.000 orang. Dalam momen rakernas tersebut, Perbarindo telah melakukan launching layanan berbasis digital yang diberi nama BPR e-cash dan BPR Digi.

Hal ini sejalan dengan perkembangan bisnis dan teknologi yang semakin dinamis. Selain itu, Pandemi COVID-19 mendorong naiknya preferensi masyarakat menggunakan transaksi digital untuk layanan perbankan maupun berbelanja melalui aplikasi dan e-commerce.

Baca Juga

“Perhimpunan Bank Perkreditan Rakyat Indonesia (PERBARINDO) berinovasi dengan merampungkan produk uang elektronik yang mempermudah transaksi untuk pembelian dan pembayaran beragam kebutuhan serta dilengkapi dengan QRIS," tegas Ketua Umum Perbarindo Joko Suyanto dalam keterangan tertulisnya, Jumat (1/4/2022).

Joko Suyanto menambahkan, Perbarindo juga telah mengembangkan produk BPR Digi, untuk menjawab kebutuhan masyakarat akan pelayanan transaksi yang mudah, cepat, sederhana dan aman. Produk BPR Digi merupakan produk layanan digital berbasis rekening (number of account) yang memberikan kemudahan akses informasi dan berbagai layanan transaksi kepada nasabah BPR, cukup menggunakan telepon seluler dan koneksi internet tanpa harus datang ke kantor BPR. 

 

Selain itu, launching produk tersebut merupakan komitmen dari Perbarindo untuk membawa dan mengawal Industri BPR – BPRS dalam meningkatkan service level dan daya saingnya.

”Pengembangan teknologi merupakan sebuah keniscayaan bagi sebagian pelaku Industri BPR – BPRS, tapi kami akan terus mengupayakan hadirnya layanan berbasis digital untuk membawa BPR – BPRS naik kelas dengan bersinergi serta kolaborasi berbagai pihak ketiga," kata Joko Suyanto 

Sementara itu, Head of FNB & Microfinancing Telkomsigma, Dindin Syarifudin mengatakan, pihaknya hadir untuk menyediakan layanan berbasis digital yang mudah, murah, cepat, handal dan aman.

“Kami hadir untuk bersinergi dengan Perbarindo beserta BPR – BPRS anggotanya untuk menyediakan layanan berbasis digital yang mudah, murah, cepat, handal dan aman. Kami siap mendukung program digitalisasi yang dilakukan oleh Perbarindo," katanya. 

Hal yang sama juga disampaikan oleh Rakhmad Tunggal Afifuddin, Direktur Utama PT Finnet Indonesia. Kedepan, Finnet akan mempererat hubungan dengan Perbarindo dalam menciptakan ekosistem digital untuk meningkatkan layanan digital bagi nasabah BPR – BPRS.

"Fitur – fitur transaksi akan terus kami kembangkan dengan melakukan penambahan fitur antara lain; Bill Payment Point, Instant Payment, P2P Transfer, dan Collection melalui aplikasi BPR E-Cash," katanya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement