Senin 28 Mar 2022 09:08 WIB

Dorong Pencegahan dan Pendeteksian Fraud, BUMN Ini Catatkan Pencapaian Penting

Whistle blowing system dapat digunakan untuk melaporkan indikasi pelanggaran.

Ilustrasi good corporate governance atau perusahaan dengan lingkungan kerja yang sehat.
Foto: www.freepik.com
Ilustrasi good corporate governance atau perusahaan dengan lingkungan kerja yang sehat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Monitoring kepatuhan bisnis, sebagai upaya pencegahan dan pendeteksian fraud saat ini sangat penting dalam mendorong budaya perusahaan yang sehat dan akuntabel. Dilansir dari Antara, Senin (28/3/2022), berangkat dari hal di atas, BUMN Asuransi Kredit Indonesia atau Askrindo terus mengupayakan penerapan tata kelola perusahaan yang baik (good corporate governance/GCG). Hasilnya, berbuah dua penghargaan yakni GCG Terbaik dari BUMN Track dan The Best Marketing for SEO’s Company dari Economic Review.

"Kami terus melakukan pencegahan dan pendeteksian fraud yang merupakan bagian dari monitoring kepatuhan bisnis. Dua penghargaan ini menjadi bukti komitmen tersebut, " kata Direktur Kepatuhan, SDM dan Manajemen Risiko Askrindo Kun Wahyu Wardana di Jakarta.

Baca Juga

photo
Penghargaan GCG Terbaik BUMN Track dan The Best Marketing for SEO’s Company dari Economic Review. - (Dok. Bumn)

Kun menjelaskan, fokus utama dalam menerapkan tata kelola perusahaan yang baik (good corporate governance/GCG) adalah bagaimana suatu perusahaan dapat menjalankan kontrol internal yang baik, didukung dengan transparansi serta akuntabilitas yang sejalan dengan digitalisasi. Melalui tata kelola yang baik ini, perusahaan akan selalu melakukan inovasi guna memberikan kinerja terbaik dan membangun citra yang positif di mata masyarakat.

Ia mengatakan, pihaknya telah melakukan asesmen dan bekerjasama dengan lembaga independen untuk mengukur atau menilai implementasi GCG, melalui kajian dokumen, kuesioner, wawancara dengan pemimpin perusahaan, dan observasi lapangan. Selain itu, Askrindo telah memiliki saluran pengaduan yaitu whistle blowing system (WBS) yang dapat digunakan oleh karyawan maupun masyarakat untuk melaporkan indikasi perbuatan atau pelanggaran di lingkungan korporasi.

"Sementara itu, capaian penghargaan The Best Marketing for SEO’s Company dari Economic Review diharapkan dapat menjadi motor penggerak semangat bagi perusahaan.

Ke depannya, Askrindo akan terus melihat tuntutan-tuntutan pasar agar terus melakukan inovasi serta akan terus bertransformasi di era digitalisasi seperti saat ini," kata dia.

"Kami akan mempertahankan apa yang telah banyak didapatkan dan serta meningkatkan kinerja perusahaan dengan melakukan pengembangan inovasi produk yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat," ujar Kun menambahkan.

 

sumber : Antara

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement