Selasa 08 Mar 2022 08:27 WIB

Sekjen: OPEC tidak Miliki Kendali Atas Lonjakan Harga Minyak Global Saat Ini

Harga minyak dunia menyentuh level tertinggi sejak 14 tahun terakhir.

Harga minyak dunia (ilustrasi).
Foto: REUTERS/Max Rossi
Harga minyak dunia (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, HOUSTON -- OPEC tidak memiliki kendali atas peristiwa yang menyebabkan kenaikan harga minyak global dan tidak ada cukup kapasitas di seluruh dunia untuk mengkompensasi hilangnya pasokan Rusia, Sekretaris Jenderal OPEC Mohammad Barkindo mengatakan pada Senin (7/3/2022). Kontrak acuan minyak mentah Brent melonjak pada Senin (7/3/2022), menyentuh level tertinggi 14 tahun di atas 139 dolar AS per barel karena Amerika Serikat dan sekutu Eropa mempertimbangkan untuk melarang impor minyak Rusia menyusul invasi Rusia ke Ukraina.

Rusia adalah pengekspor minyak mentah dan bahan bakar utama dunia, mengirimkan sekitar 7 juta barel per hari atau 7,0 persen dari pasokan global."Tidak ada kapasitas di dunia yang dapat menggantikan 7 juta barel per hari," kata Barkindo kepada wartawan pada konferensi industri di Houston.

Baca Juga

"Kami tidak memiliki kendali atas peristiwa terkini, geopolitik, dan ini mendikte laju pasar," katanya.

Pemerintah AS, Eropa, dan lainnya membebaskan perdagangan energi dari sanksi untuk mencegah pasar yang sudah ketat menguat lebih lanjut, tetapi itu telah gagal. Pedagang telah menghindari minyak Rusia untuk menghindari benturan dengan sanksi di masa depan atau tanpa disadari melanggar sanksi yang telah dikenakan pada bank, perusahaan, dan individu Rusia.

Dengan larangan langsung, beberapa analis memperkirakan harga bisa meroket lebih tinggi. JPMorgan memperkirakan Brent bisa mencapai 185 dolar AS pada akhir tahun. 

Kekurangan pasokan akan membutuhkan kenaikan harga yang cukup untuk memotong permintaan."Saya telah mendengar dari beberapa pembicara di sini di CERAweek bahwa kondisi pasar yang ketat saat ini mungkin menciptakan beberapa kehancuran permintaan," kata Barkindo.

"Bahkan seperti yang mungkin terjadi, sisi lain dari persamaan mungkin lebih kritis saat ini, yaitu pasokan semakin tertinggal."

Ketika ditanya mengapa OPEC dan sekutunya tidak mengakhiri semua pembatasan produksi pada pertemuan mereka pekan lalu, Barkindo mengatakan kepada Reuters bahwa situasi di pasar minyak telah berkembang sejak kelompok itu bertemu pada 2 Maret."Mari kita lihat apa yang terjadi pada pertemuan berikutnya," katanya.

OPEC dan sekutu yang dipimpin oleh Rusia, sebuah kelompok yang dikenal sebagai OPEC+, mengatakan setelah pertemuan itu dalam sebuah pernyataan bahwa pasar seimbang, dan sumber OPEC+ menegaskan kembali hal itu pada Senin (7/3/2022) pagi. "OPEC+ tetap berkomitmen untuk stabilitas pasar," kata Barkindo. 

Kelompok itu terus melonggarkan pemotongan yang diberlakukan pada puncak pandemi. "Produksi harus sepenuhnya pulih dari pemotongan pada September," katanya.

OPEC+ berpegang pada rencana untuk kenaikan produksi moderat pada April pada pertemuan 2 Maret dan mengabaikan krisis Ukraina dalam pembicaraan mereka. "Situasi di pasar kemungkinan akan menjadi game-changer dalam transisi energi," kata Barkindo kepada wartawan.

Lebih lanjut ia menuturkan, akses permodalan untuk industri minyak telah menjadi lebih menantang. Tetapi, sambungnya, krisis menunjukkan dunia tidak mampu untuk berhenti berinvestasi di minyak dan gas.

Sebagian besar anggota OPEC+ memiliki sedikit kapasitas produksi minyak cadangan saat ini, dengan sebagian besar kapasitas tambahan tersedia di negara-negara Teluk Arab Saudi dan Uni Emirat Arab, menurut Badan Energi Internasional.

sumber : Antara/Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement