Jumat 04 Mar 2022 21:54 WIB

Kemenkop Gelar Pre Event MotoGP Mandalika 2022 Di Smesco

Kemenkop tak ingin ketinggalan ambil bagian dalam penyelenggaraan MotoGP.

Rep: Iit Septyaningsih/ Red: Fuji Pratiwi
Kaos kaki motif MotoGP Mandalika di Sampean Kaos Kakina Wargi Bogor yang terpilih menjadi suvenir resmi MotoGP Mandalika, Lombok (ilustrasi). Kemenkop UKM akan menggelar pre event MotoGP yang melibatkan berbagai UKM.
Foto: ANTARA/Arif Firmansyah
Kaos kaki motif MotoGP Mandalika di Sampean Kaos Kakina Wargi Bogor yang terpilih menjadi suvenir resmi MotoGP Mandalika, Lombok (ilustrasi). Kemenkop UKM akan menggelar pre event MotoGP yang melibatkan berbagai UKM.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jelang penyelenggaraan MotoGP Mandalika 2022, Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop) bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (ASITA), dan Ikatan Motor Indonesia (IMI) menggelar pre event MotoGP Mandalika 2022 dalam ajang UMKM Goes To Mandalika. Acara itu akan diadakan pada Ahad (6/3/2022) 2022 di Gedung Smesco Indonesia, Jakarta.

Sebanyak 1.000 pengunjung ditargetkan hadir dalam pre event tersebut. Kegiatan itu pun rencananya akan dihadiri oleh Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno, dan Ketua IMI Bambang Soesatyo.

Baca Juga

Berbagai rangkaian acara bakal dihadirkan. Mulai dari pameran 20 UMKM Otomotif yang akan ikut serta dalam pameran UMKM di Sirkuit Mandalika, pameran 50 Travel Agent, hingga coaching clinic bagi para pecinta otomotif roda dua.

Deputi Bidang UKM Kemenkop UKM Hanung Harimba Rachman menjelaskan, Kemenkop tak ingin ketinggalan ambil bagian dalam penyelenggaraan acara internasional tersebut. Maka, pre event MotoGP Mandalika 2022 di Smesco ini sekaligus memperkenalkan UMKM apa saja yang turut meramaikan MotoGP.

"Pengunjung diharapkan akan mencapai 1.000 orang yang terdiri dari komunitas motor di Jakarta dan sekitarnya. Kemudian para penggiat otomotif roda 2," ujarnya dalam konferensi pers pre event MotoGP Mandalika 2022 di Smesco secara virtual, Jumat (4/3/2022). 

Pada kesempatan tersebut akan dilakukan pula pelepasan secara simbolis 10 orang bikers dari berbagai komunitas yang tergabung dalam Riders Sahabat UKM, yang akan melakukan turing ke Mandalika. Secara keseluruhan, Hanung mengungkapkan, balapan MotoGP Mandalika 2022 pada 18 sampai 20 Maret 2022 di Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB) ini akan melibatkan berbagai kementerian/lembaga (K/L) seperti Kemenparekraf, Bank Indonesia (BI), Dinas Koperasi dan UKM Provinsi NTB serta stakeholder lainnya.

Kemenparekraf akan menyiapkan planogram di Bandara BIZAM dan food truck di Beach Park. Sementara BI akan menyiapkan show casing di dalam Sirkuit Mandalika, sedangkan Pemda NTB menyiapkan lokasi showcase UMKM di 14 titik.

Kemenkop sendiri, sambung Hanung, akan menghadirkan pameran produk produk UKM unggulan dari 14 Provinsi di 2 titik lokasi pameran di dalam Pertamina Mandalika International Street Circuit. "Titik lokasi pameran pertama seluas 1.200 meter persegi yang akan menampilkan produk UKM unggulan dari kategori otomotif, merchandise and souvenir, serta healty product," tuturnya.

Titik lokasi pameran kedua seluas 1.000 M2 akan menampilkan produk UKM Unggulan Kategori Food and Beverages. "Jumlah UKM yang difasilitasi KemenKopUKM, Kemenparekraf, BI dan Pemda NTB secara total sebanyak 1.256 UKM yang telah dikurasi dan memiliki kualitas yang baik diakui secara internasional," tutur dia.

Dari 1.256 UKM tersebut, terdiri dari KemenkopUKM menyiapkan 70 UKM Non Kuliner meliputi, kategori otomotif (27 UKM), kategori merchandise dan souvenir (38 UKM), dan kategori Healthy Product (5 UKM). Lalu UKM Food and Beverages dari KemenkopUKM (45 UKM).

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement