Jumat 04 Mar 2022 06:50 WIB

Pengadilan Tokyo Hukum Mantan Bos Nissan 6 Bulan Akibat Sembunyikan Gaji Carlos Ghosn

Mantan CEO Nissan-Renault Carlos Ghosn telah melarikan diri dari Jepang ke Lebanon.

Greg Kelly, mantan eksekutif produsen mobil Nissan Jepang,  berjalan ke Pengadilan Distrik Tokyo di Tokyo, Jepang, 3 Maret 2022. Kelly diadili karena diduga membantu mantan CEO Nissan Carlos Ghosn menyembunyikan gajinya sebesar 80 juta dolar AS.
Foto: EPA-EFE/Zhang Xiaoyu / POOL
Greg Kelly, mantan eksekutif produsen mobil Nissan Jepang, berjalan ke Pengadilan Distrik Tokyo di Tokyo, Jepang, 3 Maret 2022. Kelly diadili karena diduga membantu mantan CEO Nissan Carlos Ghosn menyembunyikan gajinya sebesar 80 juta dolar AS.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengadilan Tokyo pada Kamis (3/3/2022) menjatuhkan hukuman percobaan selama enam bulan kepada mantan eksekutif Nissan Motor, Greg Kelly. Dia terbukti  membantu menyembunyikan gaji mantan CEO Nissan-Renault Carlos Ghosn selama delapan tahun.

"Pengadilan menemukan adanya remunerasi yang belum dibayar dan kegagalan untuk mengungkapkan "jumlah keseluruhan" juga pelaporan "palsu"", kata Hakim Ketua Pengadilan Tokyo kepada Greg Kelly di persidangan, dilansir Reuters pada Kamis (3/3/2022).

Baca Juga

Hakim juga menyalahkan Toshiaki Ohnuma, seorang pejabat yang mengawasi rincian kompensasi pendapatan yang diterima Ghosn. Namun, Ohnuma selamat dari hukuman karena mau bekerja sama dengan jaksa untuk mengungkap kasus Ghosn.

"Pernyataan Ohnuma penuh dengan bahaya, tapi dia membuat pernyataan yang sesuai dengan keinginan jaksa. Ada bahaya sebagai "kaki tangan", di mana dia akan berusaha mengalihkan tanggung jawab kepada Ghosn," jelasnya.

sumber : Antara, Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement