Rabu 23 Feb 2022 08:24 WIB

Kisah Orang Terkaya: Erich Wesjohann, Pebisnis Unggas Turun-temurun, Hartanya Tembus Rp97 T

Ketua dari EW Group yang berbasis di Jerman, Erich Wesjohann adalah salah satu orang terkaya di dunia. Ini selengkapnya.

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id
Orang terkaya dunia
Orang terkaya dunia

Ketua dari EW Group yang berbasis di Jerman, Erich Wesjohann adalah salah satu orang terkaya di dunia. Perusahaan itu merupakan bisnis pembiakan unggas dan genetika terbesar di dunia.

EW Group didirikan pada tahun 1999, ketika Wesjohann dan saudaranya Paul-Heinz memutuskan untuk memisahkan perusahaan ayam keluarga mereka yang awalnya berdiri pada tahun 1932.

Pada tahun 2019, EW Group menarik total pendapatan sebesar USD3,1 miliar (Rp44,5 triliun). Dua peternak unggas A.S. Aviagen dan Hubbard merupakan aset utama dalam portofolio EW Group. Forbes mencatat kekayaan Wesjohann mencapai USD6,8 miliar (Rp97 triliun).

Miliarder tertutup ini dan istrinya telah mengalihkan sebagian kepemilikan di EW Group ke anggota lain dari keluarga mereka selama bertahun-tahun.

Baca Juga: Kisah Orang Terkaya: Wee Cho Yaw, Miliarder Pewaris yang Bikin Bank UOB Jadi Raksasa

Melansir berbagai sumber, EW Group GmbH adalah perusahaan agribisnis. Sebagai perusahaan induk, perusahaan ini mengkonsolidasikan hasil 28 perusahaan Jerman dan 81 perusahaan asing di Eropa, Asia dan Amerika Utara. Kira-kira, 80% aktif dalam peternakan dan bidang lain di bidang genetika unggas / peternakan unggas, nutrisi hewan / kesehatan hewan, penyimpanan biji-bijian, pengembangan dan produksi bahan tambahan makanan untuk makanan fungsional, pemuliaan jamur dan produksi bebas vaksin.

Manajemen perusahaan terdiri dari pengusaha Erich Wesjohann, putranya Dirk Wesjohann dan Jan Wesjohann dan Albert Cordts. Perusahaan ini berbasis di Visbek di Lower Saxony.

Ketika "Grup Lohmann-Wesjohann" terpecah antara keluarga Paul-Heinz Wesjohann dan Erich Wesjohann pada akhir tahun 1998, Grup PHW saat ini dan "Grup Erich Wesjohann" muncul pada tahun 1999.

Ada ikatan bisnis yang intensif antara dua kelompok perusahaan. Hingga awal tahun 2015, EW Group menggunakan merek “Wiesenhof” milik PHW Group di anak perusahaannya Wiesenhof-Pilzland, sejak itu diperdagangkan sebagai Pilzland Vertriebs GmbH.

Perusahaan memiliki beberapa peternakan unggas, termasuk khususnya Grup Aviagen, penyedia terkemuka dunia pembiakan hewan untuk peternakan kalkun dan nomor dua di dunia dalam peternakan unggas. Selain itu, bagian dari Peternakan Lohmann, pemimpin pasar Jerman dalam pengembangbiakan induk ayam petelur dan dihukum pada tahun 2011 karena kekejaman terhadap hewan (lihat bagian terkait) terhadap kelompok.

Pada tahun 2015, perusahaan berinvestasi di Plukon Food Group, sebuah toko daging utama Belanda dan salah satu kelompok unggas terbesar di Eropa. Merek-merek Grup Plukon adalah pesaing langsung merek Wiesenhof dari Grup PHW yang dimiliki oleh saudara laki-laki Wesjohann, Paul-Heinz.

Subgrup Wiesenhof-Pilzland, Rechterfeld didirikan pada tahun 1985. Sejak awal tahun 2015, telah beroperasi sebagai Pilzland Vertriebs GmbH tanpa menggunakan nama Wiesenhof.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement