Kamis 17 Feb 2022 11:46 WIB

Mendag Sebut Stok Minyak Goreng Curah Melimpah di Pasaran

Sementara stok minyak goreng kemasan masih kurang tersedia di pasaran.

Red: Nur Aini
Warga mengantre untuk membeli minyak goreng dengan harga Rp 10.500 per liter di pasar Kramat Jati, Jakarta, Kamis (3/2/2022).  Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi menyatakan minyak goreng curah tersedia cukup banyak di pasaran.
Foto: Prayogi/Republika.
Warga mengantre untuk membeli minyak goreng dengan harga Rp 10.500 per liter di pasar Kramat Jati, Jakarta, Kamis (3/2/2022). Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi menyatakan minyak goreng curah tersedia cukup banyak di pasaran.

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR -- Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi menyatakan minyak goreng curah tersedia cukup banyak di pasaran. Hal itu berbeda dengan stok minyak goreng kemasan yang langka.

"Hasil pemantauan kami di berbagai tempat, untuk minyak goreng curah ini tidak ada masalah dan stoknya tersedia. Yang kurang itu minyak goreng kemasan," ujar Muhammad Lutfi di Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (17/2/2022).

Baca Juga

Ia mengatakan umumnya masyarakat lebih banyak membeli minyak goreng paket sederhana dan premium atau kemasan karena dianggap lebih praktis dan higienis. Sementara minyak goreng curah yang harganya sedikit lebih murah dari minyak goreng paket sederhana dan premium itu hanya diminati oleh sedikit kalangan masyarakat tertentu saja.

Meski demikian sejak adanya kelangkaan di pasaran untuk minyak goreng kemasan, harga minyak goreng curah pun melambung yang dari harga Rp 11.500 menjadi Rp 15 ribu per liter. "Minyak goreng curah dengan harga terjangkau tetap ada, yang tidak ada itu paket premium dan sederhana. Kelancaran operasinya itu terganggu dan ini kembali mulai lancar," katanya.

Berdasarkan pantauan, para pedagang di pasar tradisional hampir setiap pedagang yang menjual minyak goreng, memiliki stok minyak curah, sementara stok paket kemasan umumnya tidak menjual. Untuk harga per liternya, para pedagang juga menjualnya dengan harga Rp 15 ribu, tetapi seiring dengan mulai membaiknya rantai pasokan minyak goreng, harga minyak goreng curah kembali turun di harga Rp 13 ribu per liter.

"Hari ini saya menjualnya Rp 13 ribu per liternya. Kalau saya sendiri membeli minyak goreng curah ini Rp 12.900 per kilogramdan saya jual per liter," kata Dahlia salah seorang pedagang di Pasar Terong Makassar.

Baca:

676 Siswa dan Guru Kota Bogor Terpapar Covid-19

Nama Anggota KPU-Bawaslu Pilihan Partai Beredar

Bus Antarmoda Disediakan di Luar Sirkuit Mandalika Selama MotoGP

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement