Selasa 08 Feb 2022 15:07 WIB

Distribusi Gas Meningkat, Saham PGAS Milik PGN Diproyeksi Cemerlang Tahun Ini

Analis Mirae Asset menilai pergerakan saham PGAS akan diwarnai sentimen positif

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN). -Saham PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS) disebut memiliki prospek yang cerah pada tahun 2022. Mira Asset Sekuritas merekomendasikan beli untuk saham emiten yang bergerak dibidang transmisi dan distribusi gas bumi ini.
Foto: PGN
PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN). -Saham PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS) disebut memiliki prospek yang cerah pada tahun 2022. Mira Asset Sekuritas merekomendasikan beli untuk saham emiten yang bergerak dibidang transmisi dan distribusi gas bumi ini.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --Saham PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS) disebut memiliki prospek yang cerah pada tahun 2022. Mira Asset Sekuritas merekomendasikan beli untuk saham emiten yang bergerak dibidang transmisi dan distribusi gas bumi ini.

Analis Mirae Asset Sekuirtas Juan Harahap melihat pergerakan saham PGAS akan banyak diwarnai sentimen positif. Salah satunya yaitu peningkatan distribusi gas yang lebih tinggi disepanjang 2021. 

PGAS mencatat distribusi gas sebesar 900 BBTUD atau tumbuh 5,5 persen MoM pada Desember 2021. Sehingga, distribusi gas sepanjang 2021 tercatat tumbuh 5,2 persen yoy menjadi 871 BBTUD. 

"Peningkatan angka MoM ini disebabkan karena telah selesainya perawatan blok ConocoPhillips pada Oktober-November 2021," kata Juan dalam risetnya dikutip Selasa (8/2). 

Di sisi lain, segmen transmisi mencatat penurunan sebesar 1,124 MMSCD (-6,1 persen MoM) pada Desember 2021. Sehingga, sepanjang 2021, segmen transmisi tercatat lebih rendah menjadi sebesar 1,223 MMSCFD (-2,5 persen YoY).

Pada tahun 2022, Mirae Asset Sekuritas yakin PGAS akan berhasil mencapai angka operasional yang lebih tinggi didukung oleh pemulihan kegiatan ekonomi, yang diterjemahkan ke dalam permintaan domestik yang lebih tinggi.

Manajemen PGAS menargetkan distribusi gas yang lebih tinggi sebesar 19 persen YoY serta transmisi gas yang lebih tinggi sebesar 2 persen YoY. Hal ini disebabkan adanya potensi tambahan pasokan gas dari proyek pipa Gresik yang akan mulai berproduksi pada semester pertama 2022.

Mirae Asset Sekuritas merevisi perkiraan jumlah operasional PGAS sepanjang 2022 dengan distribusi gas diharapkan mencapai 1.036 BBTUD. Sementara itu volume transmisi diperkirakan meningkat menjadi 1.379 BBTUD, atau tumbuh sebesar 2,4 persen dari perkiraan sebelumnya.

"Oleh karena itu, kami merevisi pendapatan PGAS 2022 sebesar 10,0 persen menjadi 3,5 miliar dolar AS, yang diterjemahkan ke dalam asumsi laba bersih yang lebih tinggi sebesar 381 juta dolar AS, atau meningkat 13,3 persen dibandingkan dengan asumsi sebelumnya," kata Juan. 

Mirae Asset Sekuritas pun meningkatkan rekomendasi dari rekomendasi Trading Buy menjadi Buy untuk saham PGAS dengan target harga yang lebih tinggi yaitu Rp 1.850 dari sebelumnya Rp 1.750.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement