Jumat 14 Jan 2022 16:48 WIB

Orang-Orang Kaya Kazakhstan Jadi Sasaran Pemerintah

Puluhan orang tewas dan 9.900 orang ditahan dalam protes pekan lalu di Kazakhstan.

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Nidia Zuraya
Sebuah truk derek mengangkut bus yang terbakar dalam bentrokan di Almaty, Kazakhstan, Ahad, 9 Januari 2022. Banyak orang-orang terkaya Kazakhstan yang mengumpulkan kekayaan besar mereka di bawah kepemimpinan negara terdahulu menjadi sasaran.
Foto:

2. Vyacheslav Kim (5,1 miliar dolar AS)

Bersama dengan Mikheil Lomtadze yang lahir di Georgia, Vyacheslav Kim mengendalikan raksasa fintech Kazakh, Kaspi.kz JSC. Kaspi menjadi hit ketika terdaftar di London pada tahun 2020, melonjak sebanyak 33 persen pada debutnya, dan merupakan perusahaan paling berharga di Kazakhstan.

Kairat Satybaldyuly, keponakan Nazarbayev, memiliki 30 persen saham Kaspi hingga 2018, ketika dia menjual sahamnya kepada Kim. "Saya adalah wirausahawan sektor swasta yang belajar sendiri," kata Kim dalam sebuah pernyataan yang diberikan oleh layanan pers bank.

3. Bulat Utemuratov (4,3 miliar dolar AS)

Bulat Utemuratov, mantan ajudan Nazarbayev, memiliki kepentingan di bidang perbankan, telekomunikasi, dan pengembangan properti, termasuk Ritz-Carlton di Moskow. Utemuratov mendirikan Almaty Trade Finance Bank CJSC pada tahun 1995 dan sekarang mengendalikan ForteBank JSC.

Dia mengatakan memiliki bank membantunya membangun hubungan di antara perusahaan. Tetapi dia tidak pernah menyalahgunakan posisi pemerintah atau persahabatannya dengan Nazarbayev.

4. Timur Kulibayev (2,9 miliar dolar AS) dan Dinara Kulibayeva (2,7 miliar dolar AS)

Timur Kulibayev dan Dinara Kulibayeva, putri tengah Nazarbayev, adalah pasangan kekuatan utama negara dan mengendalikan Halyk Savings Bank of Kazakhstan JSC, pemberi pinjaman terbesar di negara itu. Kulibayev memiliki perusahaan investasi Steppe Capital yang berbasis di Singapura dengan kepentingan di bidang energi, pertambangan, dan infrastruktur.

Dia juga menjabat sebagai ketua dana kekayaan kedaulatan Samruk-Kazyna senilai 67 miliar dolar AS dan duduk di dewan monopoli ekspor gas Rusia, Gazprom PJSC. Kulibayeva belajar teater di Moskow dan mendapatkan gelar MBA dari jarak jauh.

Juru bicara para miliarder tidak memberikan komentar, kecuali Kim.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement