Kamis 06 Jan 2022 10:51 WIB

Tren Jual-Beli Secara Daring Selama 2021

Produk UMKM semakin menjadi pilihan konsumen.

Belanja online (ilustrasi)
Foto: Prayogi/Republika
Belanja online (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Platform teknologi semakin menjadi andalan masyarakat Indonesia untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari hingga menciptakan peluang bisnis bagi pelaku UMKM. Tokopedia melalui keterangannya pada Kamis (6/1/2022) membagikan deretan temuan menarik terkait tren jual-beli daring masyarakat sepanjang 2021.

Tokopedia mencatat Medan, Bandung, dan Surabaya menjadi kota dengan penjualan tertinggi sepanjang 2021."Medan, Bandung, dan Surabaya menjadi beberapa contoh kota dengan penjualan paling tinggi di Tokopedia. Ini didorong kehadiran inisiatif Hyperlocal, seperti digitalisasi pasar, Kumpulan Toko Pilihan (KTP) dan lainnya," kata VP of Corporate Affairs Tokopedia, Nuraini Razak.

Baca Juga

"Inisiatif Hyperlocal Tokopedia yang terdiri atas berbagai turunan kampanye dan dipersonalisasi berdasarkan kebutuhan setiap daerah ini - ditujukan mendekatkan pembeli dengan penjual setempat agar belanja online bisa lebih efisien dan UMKM di seluruh penjuru Indonesia punya kesempatan yang sama untuk bertumbuh," tambah Nuraini.

Verne Indonesia, UMKM kerajinan kulit dari Surabaya, yang menjadikan Tokopedia sebagai jalur utama untuk penjualan, mencatat peningkatan jumlah transaksi hampir 2x lipat dibandingkan tahun sebelumnya.Lebih lanjut, kategori favorit masyarakat diraih oleh produk di Kategori Rumah Tangga, Fesyen serta Olahraga dan Hobi.

Berbagai kampanye yang dihadirkan Tokopedia telah mendorong melejitnya masing-masing kategori tersebut, seperti Home Living SALEbrations, Festival Fashion Lokal Jawa Barat atau Tokopedia Fashion Week, Sportacular lain-lain.Sementara, produk yang paling diburu ialah masker, kaos dan sepatu sneakers menjadi produk paling populer selama 2021 di Tokopedia.

Menurut Nuraini, melejitnya penjualan sepatu sneakers didorong oleh berbagai inisiatif yang dilakukan Tokopedia bersama UMKM industri fesyen lokal, contohnya gerakan Bersebelas #MelangkahBareng. Untuk makanan terlaris, Nuraini mengatakan, "Ngopi dan ngemil di rumah menjadi aktivitas yang digemari masyarakat selama 2021. 

Hal ini terlihat dari kopi gayo dan pisang goreng yang menjadi makanan paling digemari di kampanye Tokopedia Nyam sepanjang tahun lalu."Di sisi lain, walau pandemi masih berlangsung, semangat masyarakat dalam berbagi kebaikan masih sangat tinggi. Sepanjang 2021, masyarakat Indonesia telah mengumpulkan lebih dari Rp 160 miliar lewat fitur Donasi, Zakat dan Qurban di Tokopedia.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement