Kamis 30 Dec 2021 08:38 WIB

Prospek Pasar Saham 2022 Membaik Jika Covid-19 tak Merebak

Jika pemulihan ekonomi berjalan mulus, IHSG diprediksi bisa tembus 7.000.

Karyawan berjalan di dekat layar pergerakan saham di gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Jumat (17/12). Jika pemulihan ekonomi berjalan mulus, IHSG diprediksi bisa tembus 7.000.
Foto:

Dari global, kebijakan tapering dan rencana percepatan kenaikan suku bunga acuan bank sentral Amerika Serikat The Federal Reserve akan berdampak pada pasar saham Indonesia, meski diperkirakan tidak akan besar. Bank Indonesia (BI) selaku otoritas moneter pun diperkirakan juga akan sigap mengambil keputusan untuk menanggulangi ketertinggalan ekonomi dengan negara-negara lain akibat dampak dari kebijakan The Fed tersebut.

"Meski demikian, ketahanan ekonomi Indonesia terbilang sangat kuat. Terlihat pada saat masa pandemi, di saat negara lain mengalami pelemahan pertumbuhan ekonomi yang drastis, Indonesia dengan mandiri dapat mempertahankan pertumbuhan ekonomi sehingga tidak jatuh terlalu dalam pada saat kuartal 1 dan 2 tahun ini," ujar Alwin.

Kemudian terkait kemunculan varian Omicron, sudah diperkirakan tidak akan terlalu berpengaruh banyak terhadap ekonomi. Meskipun penyebarannya relatif lebih cepat daripada varian yang lain, varian Omicron memiliki gejala yang relatif lebih ringan.

Analis Senior CSA Research Institute Reza Priyambada mengatakan, kondisi pasar saham dalam negeri tergantung sentimen dan sikap pelaku pasar pada tahun depan. Meski perekonomian nasional mulai pulih, para investor dinilai perlu tetap waspada.

"Memang bahwa tahun ini tahunnya pemulihan, namun yang namanya pemulihan dari jatuh kan memang belum sustain. Tetap waspada dan cermati sejumlah sentimen yang ada, baik dari sisi makroekonomi maupun perkembangan kinerja emiten," ujar Reza.

Reza menstimulasikan, apabila akhir tahun ini IHSG berhasil ditutup di level 6.650, berarti IHSG sudah naik 670,93 poin atau 11,22 persen (yoy) dibandingkan 2020. Hal itu terjadi masih dalam kondisi pandemi belum hilang dan masih ada sejumlah sentimen negatif.

"Kalau tahun depan, kondisi ekonomi katakan lah harapannya bisa terjadi kenaikan di atas itu. Kalau asumsinya bisa naik hingga 15 persenan, maka IHSG berada di kisaran 7.500-7.600. Maka dari itu tergantung sentimen di tahun depan, getting worse atau getting better. Kalau worse ya bisa jadi lebih rendah dari pencapaian di tahun ini," ujar Reza.

Sejak awal pandemi, IHSG sempat menyentuh level hingga di bawah 4.000. IHSG perlahan bangkit hingga bertengger nyaris menyentuh level 6.000 pada akhir tahun lalu.

Meneruskan tren positif, IHSG awal tahun 2021 langsung bergerak naik menembus ke atas 6.000 dan bahkan pada pertengahan Januari dengan gesitnya mampu mencapai level 6.435, meski kemudian anjlok lagi hingga 5.862 di penghujung bulan.

Walau demikian, setelah itu dalam bulan-bulan selanjutnya IHSG mayoritas selalu bergerak di kisaran level 6.000 hingga 6.250. Varian Delta yang benar-benar menjadi momok menakutkan pada Juli pun hanya membuat IHSG turun sedikit di bawah level 6.000.

Sejak Oktober, IHSG mulai berani bergerak menanjak. Sejak medio bulan yang sama hingga jelang tutup tahun ini, IHSG terus berada di atas level 6.500 dengan catatan pencapaian level tertinggi baru dalam sejarah pasar modal yaitu 6.723,39 pada 22 November 2021.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement