Ahad 19 Dec 2021 12:29 WIB

Surveyor Dukung UMKM Naik Kelas

Menurut BKPM, Surveyor jadi satu dari 89 perusahaan yang bekerja sama dengan UMKM.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Fuji Pratiwi
PT Surveyor indonesia. Surveyor dukung UMKM naik kelas.
Foto: www.ptsi.co.id
PT Surveyor indonesia. Surveyor dukung UMKM naik kelas.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Surveyor Indonesia (Persero) atau PTSI mendukung Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) melakukan penandatanganan komitmen kerja sama antara perusahaan program kolaborasi penanaman modal asing (PMA) atau penanaman modal dalam negeri (PMDN) dengan UMKM yang bertujuan agar UMKM bisa naik kelas.

Menteri Investasi yang juga menjabat sebagai Kepala BKPM Bahlil Lahadalia mengatakan, pemerataan pertumbuhan ekonomi, penciptaan pasar baru, dan UMKM naik kelas sesuai arahan presiden menjadi tujuan dari kolaborasi antara perusahaan besar PMA atau PMDA dengan UMKM.

Baca Juga

"Saat ini, data investasi di luar Jawa sudah lebih besar daripada di Jawa," ujar Bahlil dalam keterangan tertulis di Jakarta, Ahad (19/12).

Deputi Bidang Pengendalian Pelaksanaan Penanaman Modal Imam Soejoedi mengatakan, jumlah kerja sama yang dilakukan antara perusahaan besar dan UMKM. "Ini merupakan tahun kedua program kolaborasi antara perusahaan besar dan UMKM. Dengan bangga saya umumkan  tahun ini ada 89 perusahaan besar dan 383 UMKM yang saling berkontrak," ujar Imam. 

PTSI yang juga ikut berpartisipasi dalam program kolaborasi tersebut menyebutkan target pencapaian perusahaan untuk 2021. Direktur Utama PTSI Haris Witjaksono menyampaikan terima kasih atas kepercayaan dari Kementerian Investasi/ BKPM kepada PTSI untuk melaksanakan program Kementerian Investasi/BKPM dalam upaya bersama mewujudkan program kolaborasi ini sehingga pada 2021 tercapai milestone 89 perusahaan dan 383 UMKM dengan nilai komitmen Rp 2,7 triliun.

Haris mengungkapkan upaya menggairahkan investasi dan ekonomi lokal, bukan hanya dilakukan satu kali. "Perlu proses terstruktur yang melibatkan banyak pihak agar programnya terukur, efektif, dan tepat sasaran," ucap Haris.

Haris menyebut semangat Kementerian Investasi/BPKM, semangat pimpinan daerah, serta semangat pelaku usaha dan investor menghadirkan lebih banyak peluang bagi ekonomi lokal, juga menjadi semangat bagi PTSI sebagai penyedia jasa survei dan verifikasi dalam memastikan semangat tersebut dapat diterjemahkan secara tepat di lapangan.

Menurut Haris, PTSI sebagai anak bangsa akan selalu berkomitmen mendukung gerakan UMKM naik kelas. "Upaya mewujudkan UMKM naik kelas, selain melalui program kemitraan, PTSI juga rutin mengadakan pelatihan softskill, dan menyediakan ruang pemasaran, salah satunya melalui area pameran produk mitra binaan yang dilengkapi akses belanja daring di Akhlak Lounge di Kantor Pusat kami di Jakarta," kata Haris.

 

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement