Ahad 19 Dec 2021 12:19 WIB

ITDC dan MGPA Fokus Tingkatkan Kelengkapan Fasilitas Pendukung Balapan

Hal itu diperlukan untuk memenuhi syarat homologasi penyelenggaraan MotoGP.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Fuji Pratiwi
Sirkuit Pertamina Mandalika di Lombok, Indonesia (ilustrasi). ITDC dan MGPA fokus meningkatkan kelengkapan penyelenggaraan balapan.
Foto: AP/Achmad Ibrahim
Sirkuit Pertamina Mandalika di Lombok, Indonesia (ilustrasi). ITDC dan MGPA fokus meningkatkan kelengkapan penyelenggaraan balapan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), dan Mandalika Grand Prix Association (MGPA) fokus meningkatkan kelengkapan penyelenggaraan balapan serta sarana dan prasarana pendukung Pertamina Mandalika International Street Circuit dalam menyambut MotoGP dan MOTUL FIM Superbike World Championship (WSBK) 2022.

Vice CEO MGPA Cahyadi Wanda mengatakan, peningkatan kelengkapan penyelenggaraan balapan di Pertamina Mandalika International Street Circuit diperlukan, khususnya untuk memenuhi syarat homologasi penyelenggaraan MotoGP.

Baca Juga

Cahyadi menyebut, syarat dan ketentuan dalam penilaian homologasi tersebut berdasarkan Federation Internationale de Motocyclisme (FIM) Guidlines di antaranya adalah additional protective devices, track marking, verges and run-off areas, gravel beds, tyre barriers, turn signs, start lights, all along the track, both sides, pit lane axit, starting grid, flag marshal posts, light panel and equipments, track marshal post and equipment, track maintenance, drainage system dan long lap penalty zone. 

Guna memenuhi kelengkapan ini, ucap Cahyadi, ITDC Group telah berkoordinasi secara intensif dengan sejumlah pihak yaitu Ikatan Motor Indonesia (IMI), Dorna Sports dan (FIM). 

"Kami mendapat apresiasi positif dari pembalap dan kru tim balap WSBK atas kualitas lintasan sirkuit kami setelah balapan WSBK 2021 usai. Namun masih ada beberapa hal yang harus kami tingkatkan lagi," ujar Cahyadi dalam keterangan tertulis di Jakarta, Ahad (19/12).

Saat ini, lanjut Cahyadi, ITDC Group fokus melengkapi kelengkapan penyelenggaraan balapan dan fasilitas pendukung sirkuit guna memenuhi prasyarat penyelenggaraan balap motor yang akan berlangsung di The Mandalika tahun depan yaitu MotoGP dan WSBK. 

"Kami optimistis semua prasyarat dapat terpenuhi dan lolos homologasi sebelum balapan MotoGP berlangsung," ucap Cahyadi.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement