Rabu 15 Dec 2021 19:53 WIB

Jokowi Apresiasi Erick Thohir Soal Merah Putih Fund

Pemerintah juga perlu menggandeng pihak swasta untuk bergabung dalam pendanaan.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Friska Yolandha
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengapresiasi Menteri BUMN Erick Thohir dalam menyiapkan pendanaan Merah Putih fund untuk disuntikkan kepada soonicorn sehingga dapat melompat ke level yang lebih tinggi.
Foto: Kementerian BUMN
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengapresiasi Menteri BUMN Erick Thohir dalam menyiapkan pendanaan Merah Putih fund untuk disuntikkan kepada soonicorn sehingga dapat melompat ke level yang lebih tinggi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengapresiasi Menteri BUMN Erick Thohir dalam menyiapkan pendanaan Merah Putih fund untuk disuntikkan kepada soonicorn sehingga dapat melompat ke level yang lebih tinggi. Hal ini disampaikan Jokowi saat meresmikan gerakan akselerasi generasi digital di Jakarta Convention Center, Rabu (15/12).

“Saya sangat menghargai apa yang telah digagas oleh Menteri BUMN Pak Erick Thohir dalam menyiapkan sebuah pendanaan Merah Putih fund, yang ini nanti akan memberikan suntikan kepada soonicorn-soonicorn agar bisa melompat ke level yang lebih tinggi,” kata dia.

Baca Juga

Jokowi mengatakan, untuk mewujudkannya BUMN tak bisa bekerja sendiri. Karena itu, pemerintah juga perlu menggandeng pihak swasta untuk ikut bergabung dalam pendanaan Merah Putih Fund, termasuk juga Indonesia Investment Authority (INA).

“Sehingga semakin akan tersiapkan sebuah dana yang besar yang ingin kita pakai untuk mempercepat proses-proses yang tadi saya sampaikan. Saya sangat menghargai apa yang telah dikerjakan oleh Pak Erick Thohir dalam menyiapkan Merah Putih fund ini,” ungkapnya.

Menurut dia, kesiapan Merah Putih fund serta dukungan dari Indonesia Digital Tribe yang dilakukan oleh Najwa Shihab dan Talenta Digital oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Makarim akan mempercepat pembangunan masyarakat digital serta ekosistem digital di Tanah Air.

Jokowi meminta, tingginya potensi pasar digital di Indonesia agar terus dimanfaatkan dan dikembangkan. Saat ini, Indonesia telah memiliki 2.319 startup yang masih terus bertambah, 1 decacorn, serta 7 unicorn.

“Dan banyak sekali soonicorn yang nanti akan terus didorong agar naik menjadi unicorn dan decacorn,” kata Jokowi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement