Jumat 12 Nov 2021 18:18 WIB

Mitigasi Musim Hujan, PLN Suplai Listrik ke Rumah Pompa

Rumah pompa memiliki peranan penting dalam pengendalian banjir di DKI Jakarta

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Gita Amanda
Petugas Dinas Sumber Daya Air (SDA) Aliran Tengah mengoperasikan mesin pompa air di Rumah Pompa Waduk Pluit, Jakarta Utara, (ilustrasi).
Foto:

Keselamatan jiwa manusia adalah hal yang paling utama. Oleh karena itu saat hujan lebat dan mengakibatkan banjir, maka listrik terpaksa dipadamkan sementara. Bahaya yang bisa terjadi yaitu tersengat aliran listrik karena air merupakan salah satu konduktor listrik yang bisa mengalirkan aliran listrik ke tubuh manusia. Beberapa kondisi yang menyebabkan PLN terpaksa memadamkan listrik yaitu rumah warga kebanjiran, aset PLN kebanjiran, atau rumah warga dan aset PLN kebanjiran.

Secara rutin PLN telah melakukan inspeksi terhadap tiang-tiang dan kabel untuk memastikan penyaluran energi listrik ke masyarakat dalam kondisi normal dan aman. Hal ini tentunya untuk mencegah adanya arus bocor yang bisa membahayakan masyarakat terutama saat banjir. Masyarakat bisa melaporkan ke PLN apabila menjumpai tiang dan kabel listrik yang membahayakan.

Untuk informasi dan pengaduan kelistrikan, masyarakat bisa menghubungi PLN melalui aplikasi PLN Mobile maupun Contact Center 123.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement