Selasa 12 Oct 2021 09:48 WIB

Pupuk Kaltim Kembangkan Potensi Budi Daya Black Soldier Fly

Pupuk Kaltim menggelar pelatihan pembuatan Dry Maggot bagi binaan perusahaan.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Gita Amanda
Seorang warga menyemprotkan cairan pada media penetasan telur larva maggot di tempat budi daya maggot Black Soldier Fly (BSF), (ilustrasi).
Foto:

Riwan berharap pelatihan Dry Maggot bisa menjadi peluang baru pengembangan potensi BSF untuk produk turunan yang bernilai ekonomi sehingga manfaat budidaya BSF tak hanya dirasakan bagi lingkungan secara umum saja, tapi juga kesejahteraan masyarakat, karena nilai jual maggot yang terbilang tinggi untuk kebutuhan berbagai produk.

"Dari pelatihan ini, manfaat tidak hanya tentang menekan jumlah sampah, tapi juga mengembangkan peluang yang bernilai ekonomi dari sampah organik yang dipilah sehingga turut berkontribusi terhadap kesejahteraan masyarakat," ungkap Riwan.

Pemateri dari Omah Maggot Jogja Henri Supranto menjelaskan kemampuan maggot terbilang luar biasa dalam mengurai sampak organik. Kata Henri, maggot bisa dipandang sebagai sumber daya yang memiliki potensi untuk peluang ekonomi selain manfaat terhadap lingkungan. Budidaya maggot mudah dikerjakan, tidak membutuhkan lahan yang luas, mengandung zat antibiotik alami, sehingga tidak membawa agen penyakit serta tidak menimbulkan bau busuk.

"Maggot memiliki nilai protein tinggi berkisar 35 persen sampai 46 persen dan asam amino yang dibutuhkan makhluk hidup. Olahan maggot bisa kemana-mana, karena bisa diekstrak protein atau asam aminonya untuk industri make up dan sebagainya," kata Henri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement