Selasa 31 Aug 2021 21:48 WIB

Demi Tetap Waras, Karyawan Nike Diberi Cuti Sepekan

Nike meminta karyawannya bersantai setelah menghabiskan tahun yang berat saat pandemi

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Dwi Murdaningsih
Pria melewati gerai sepatu Nike.
Foto: EPA
Pria melewati gerai sepatu Nike.

REPUBLIKA.CO.ID, OREGON -- Staf di kantor pusat perusahaan Nike di Oregon telah diberikan libur seminggu untuk mendukung kesehatan mental mereka. Mereka diberikan libir sepekan sebelum kembali ke kantor pada bulan September.

Mulai hari ini hingga Jumat (3/9), perusahaan AS tersebut akan 'off' untuk memberi karyawan istirahat setelah mengalami tahun yang berat.

Baca Juga

"Luangkan waktu untuk bersantai, menghilangkan stres, dan menghabiskan waktu bersama orang yang Anda cintai," kata kepala wawasan perusahaan Matt Marrazzo dalam sebuah pesan kepada staf, dilansir di BBC, Selasa (31/8).

 

Semakin banyak karyawan yang melaporkan merasa lelah karena pandemi terus berlanjut dan banyak yang terus bekerja dari rumah.

Perusahaan-perusahaan besar AS seperti Apple, Uber dan bank Wells Fargo juga telah menunda rencana bagi staf untuk kembali ke kantor karena infeksi melonjak di seluruh AS.

Membuat pengumuman di Linkedin minggu lalu, Marrazzo mengatakan kepada staf Nike: "Jangan bekerja". Ia menambahkan bahwa tahun lalu telah 'keras' dan mereka hidup melalui peristiwa traumatis.

"Dalam satu (atau dua) tahun tidak seperti yang lain, meluangkan waktu untuk istirahat dan pemulihan adalah kunci untuk tampil baik dan tetap waras." katanya.

"Ini bukan hanya 'libur seminggu' bagi tim. ini adalah pengakuan bahwa kami dapat memprioritaskan kesehatan mental dan tetap menyelesaikan pekerjaan," tambahnya.

Menurut laporan, itu juga mencerminkan fakta bahwa Nike memiliki tahun yang sukses, dengan penjualan naik dan sahamnya naik 20 persen.

Bumble, aplikasi kencan di mana wanita bertanggung jawab untuk membuat langkah pertama, mengatakan kepada 700 stafnya di seluruh dunia untuk istirahat dan fokus pada diri mereka sendiri pada bulan Juni.

Seorang eksekutif senior mengungkapkan di Twitter bahwa pendiri Whitney Wolfe Herd telah membuat langkah telah secara tepat mengetahui kelelahan kolektif mereka.

LinkedIn juga memberi pekerjanya libur seminggu pada bulan April sementara Citi Group mengatakan pada bulan Maret akan memiliki "Jumat bebas Zoom" untuk memerangi kelelahan akibat pandemi. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement