Ahad 22 Aug 2021 16:24 WIB

Mengamankan Efisiensi Logistik Indonesia

Sistem logistik Indonesia harus dibangun secara terpadu dari hulu hingga hilir

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Gita Amanda
Container crane yang ada di IPC Terminal Petikemas untuk mendukung proses bongkar muat kapal di pelabuhan yang dimiliki PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II (Persero).
Foto:

Integrasi Pelindo optimalkan tol laut

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melihat akan ada peluang yang positif dengan diintegrasikannya Pelindo I hingga IV, khususnya dalam operasional tol laut. Kemenhub pun memberikan restunya jika nantinya Kementerian BUMN menyatukan keempat Pelindo tersebut.

“Terbentuknya integrasi Pelindo diharapkan dapat memberi dampak positif dalam optimalisasi tol laut,” kata Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub Mugen Sartoto kepada Republika, Ahad (22/8).

Mugen yakin jika nantinya integrasi Pelindo akan melahirkan penyeragaman tarif relaksasi maka akan berdampak positif dalam operasional tol laut. Begitu juga dengan sistem transhipment dalam pengembangan hub dan spoke.

Selain itu, Mugen memproyeksikan akan lahir kebijakan baru yang dapat membuat industri pelabuhan semakin efisien. “Bahkan dapat saja kedepan pemerintah membuat penegasan terhadap Pelindo untuk pembiayaan stevedoring Terminal Handling Charge (THC)," ungkap Mugen.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement