Rabu 18 Aug 2021 19:12 WIB

MARI Gandeng Veteran Google dan YouTube

NOICE menjalankan visinya untuk pertumbuhan industri konten audio di tanah air.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Gita Amanda
Direktur Utama PT Mahaka Media TBK Adrian Syarkawie menyampaikan Mahaka Radio Integra (MARI) menggandeng dua veteran Google dan YouTube Asia Pasifik untuk menjalankan salah satu unik usahanya NOICE.
Foto: Thoudy Badai_Republika
Direktur Utama PT Mahaka Media TBK Adrian Syarkawie menyampaikan Mahaka Radio Integra (MARI) menggandeng dua veteran Google dan YouTube Asia Pasifik untuk menjalankan salah satu unik usahanya NOICE.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mahaka Radio Integra (MARI) menggandeng dua veteran Google dan YouTube Asia Pasifik untuk menjalankan salah satu unik usahanya NOICE. Mereka adalah Rado Ardian sebagai Chief Executive Officer (CEO) dan Niken Sasmaya sebagai Chief Business Officer (CBO) NOICE.

Dengan menggandeng Rado dan Niken, NOICE menjalankan visinya untuk pertumbuhan industri konten audio di Tanah Air. “Dengan pengalaman yang dimiliki oleh Rado dan Niken dari perusahaan teknologi global, NOICE diharapkan dapat semakin memperkuat posisinya sebagai market leader perusahaan audio konten lokal,” kata CEO MARI Adrian Syarkawie dalam keterangan tertulisnya, Rabu (18/8).

Sebelum bergabung dengan NOICE, Rado berkarir selama hampir 10 tahun di Google. Rado menjajaki berbagai pengalaman seperti mengembangkan bisnis Google ads di industri FMCG, hingga bekerja dengan tim product & engineering dalam menangani strategi customer experience untuk Google Maps dan Google Store di berbagai pasar Asia Pasifik, seperti India, Jepang, Indonesia, Singapura, dan Australia.

Sementara itu, Niken memiliki pengalaman selama 10 tahun mengemban beberapa posisi di Google Asia Pasifik, seperti sales, partnership, dan program development di Singapura dan Jepang. Terakhir, dia menjabat sebagai Global Program Manager untuk YouTube, yang berfokus untuk mengembangkan ekosistem kreator YouTube secara global. Di YouTube, Niken merupakan orang pertama yang mengemban tanggung jawab untuk mengembangkan ekosistem kreator Asia Tenggara/Australia dan New Zealand, serta berkesempatan membangun tim CreatorDevelopment & Partnership dari awal.

Sejak diluncurkan pertama kali pada 2018, NOICE telah menjangkau hampir 800 ribu penguna di seluruh Indonesia. NOICE memiliki jaringan podcast terbesar di Indonesia, dengan lebih dari 100 program konten original.

Dalam kurun waktu satu tahun terakhir, konten-konten NOICE telah menarik basis penggemar yang kuat, dengan peningkatan total stream dua kali lipat. Pendengar aktif harian NOICE (daily active users) umumnya menghabiskan lebih dari 60 menit di platform NOICE setiap hari. NOICE juga baru saja meluncurkan fitur audiobook bernama Noicebook, yang merangkum intisari buku dalam 15 menit, serta mengumumkan kemitraan dengan Telkomsel untuk memberikan akses bebas kuota ke konten oroginal dan eksklusif NOICE.

Selama hampir 15 tahun menjadi grup perusahaan audio content provider, MARI selalu mengedepankan visi misi untuk pengembangan industri konten audio kreatif. Pengembangan terus dilakukan hingga kemunculan NOICE menjadi sebuah alternatif platform lokal baru yang menyajikan konten audio non-musik di Indonesia. Hal itu juga diperkuat strategi MARI, yaitu menggandeng lebih dari 50 persen generasi muda dengan berbagai keahlian, kreativitas, dan antusiasme tinggi terhadap dunia konten audio.

Seiring perjalanannya, MARI kian menunjukkan prestasinya dalam menelurkan tujuh unit usaha di bidang industri penyiaran radio. Masing-masing unit usaha radio ini menargetkan pangsa pasar yang khusus dan tersebar. Radio JAK 101 FM menargetkan segmen pekerja kantoran di area Jakarta dan sekitarnya, sedangkan radio GEN FM (baik Jakarta dan Surabaya) menargetkan segmen pendengar muda yang menyukai musik, serta konten lokal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement