Selasa 03 Aug 2021 07:28 WIB

China Berencana Turunkan Produksi Baja

China mencatat rekor produksi baja bulanan sebanyak 99,45 juta ton pada Mei 2021.

Rep: Dedy Darmawan Nasution/ Red: Nidia Zuraya
Industri baja. ilustrasi
Foto:

Bartholomew dari S&P Global Platts mengatakan upaya untuk membatasi produksi baja akan mendongkrak harga, dan pabrik yang tidak terpengaruh oleh pembatasan pemerintah akan didorong untuk memproduksi lebih banyak.

"Yang penting, pabrik telah menghasilkan uang yang layak untuk sebagian besar tahun ini dan sentimen umumnya tetap kuat sehingga industri ingin mengambil keuntungan dari setiap keuntungan yang ditawarkan dengan memproduksi banyak baja," katanya.

Prospek Permintaan

Cara terbaik untuk menurunkan produksi adalah dengan fokus pada pengurangan permintaan, meskipun kebijakan seperti itu mungkin akan melemahkan ekonomi, kata Bartholomew.

Kendall dari Wood Mackenzie mengatakan pihak berwenang mungkin menindak sektor properti atau konstruksi — yang menggunakan banyak baja — untuk mendinginkan permintaan dan harga. “Harga baja yang tinggi dan produksi baja yang tinggi sebenarnya hanyalah gejala dari permintaan baja yang tinggi,” katanya.

Pengamat pasar lainnya memperkirakan bahwa permintaan akan turun, tetapi meragukan penurunan tersebut akan cukup untuk produksi dibatasi pada level 2020 atau lebih rendah.

Erik Hedborg, analis utama di perusahaan intelijen komoditas CRU, mengatakan permintaan baja bisa lebih rendah pada paruh kedua tahun ini sebagian karena sektor konstruksi melemah.

Selain itu, permintaan untuk barang-barang konsumen yang mengandung baja dari China sekarang moderat setelah bertahan di level tinggi dalam 12 bulan terakhir, katanya di forum bijih besi.

"Jelas, kita akan melihat permintaan baja yang lebih rendah di China sebagai akibat dari ini," katanya.

Mengenai apakah permintaan akan turun cukup untuk menyebabkan produksi baja turun lebih rendah dari level 2020, Hedborg mengatakan, "Kami skeptis."

 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement