Kamis 15 Jul 2021 19:16 WIB

Mentan dan Wali Kota Bogor Dorong Kurban dengan Prokes

Higienitas menjadi bagian penting yang harus dijaga saat pelaksanaan kurban

Mentan Syahrul Yasin Limpo yang didampingi Wali Kota Bogor Bima Arya saat menemui pengurus DKM dan panitia pemotongan hewan kurban di Masjid Alfalaah Kota Bogor, Jawa Barat, Kamis (15/7).
Foto: Kementan
Mentan Syahrul Yasin Limpo yang didampingi Wali Kota Bogor Bima Arya saat menemui pengurus DKM dan panitia pemotongan hewan kurban di Masjid Alfalaah Kota Bogor, Jawa Barat, Kamis (15/7).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo bersama Wali Kota Bogor Bima Arya mendorong para pengurus masjid yang menyediakan layanan dan fasilitas pemotongan hewan kurban agar mematuhi protokol kesehatan (prokes), sehingga prosesi kurban bisa berjalan dengan baik dan khidmat.

"Saya berterima kasih kepada DKM (dewan kemakmuran masjid) Alfalaah yang menyediakan pemotongan hewan kurban secara baik dan benar, sehingga mutu higienisnya selalu terjaga. Ini juga yang kami dorong kepada panitia lain agar selalu mematuhi Prokes dan memperhatikan kesehatan hewan," ujar Mentan Syahrul yang didampingi Wali Kota Bogor Bima Arya saat menemui pengurus DKM dan panitia pemotongan hewan kurban di Masjid Alfalaah Kota Bogor, Jawa Barat, Kamis (15/7), seperti dalam siaran persnya.

Menurut Mentan, ada tiga hal yang selama ini dipersiapkan pemerintah. Pertama, pemerintah menjamin ketersediaan hewan kurban. Kedua, pemerintah memasatikan kesehatan hewan kurban. Dan ketiga, pemerintah terus mendorong pemotongan hewan kurban secara baik dan benar.

"Artinya higienitas menjadi bagian penting yang harus dijaga. Terus terang, sekali lagi saya kagum dengan apa yang dipersiapakan panitia Masjid Alfalaah. Inilah kita yang harus ada gunanya untuk Allah, untuk bangsa dan untuk negara," katanya.

photo
Mentan Syahrul Yasin Limpo yang didampingi Wali Kota Bogor Bima Arya saat menemui pengurus DKM dan panitia pemotongan hewan kurban di Masjid Alfalaah Kota Bogor, Jawa Barat, Kamis (15/7). - (Kementan)

 

Wali Kota Bogor, Bima Arya menyampaikan terimakasih atas perhatian khusus yang diberikan Menteri Syahrul kepada masyarakat Kota Bogor. Terutama dalam mengatur kebutuhan dan ketersediaan hari raya Idhul Adha 2021 mendatang.

"Saya kira memang benar, ada tiga hal yang harus kita pastikan bersama dalam perayaan kurban tahun ini. Pertama mengenai ketersediaan hewan. Kedua mengenai tata cara penyembelihan dan ketiga mengenai kesehatan," katanya.

Untuk memastikan proses tersebut berjalan dengan baik, Bima mengaku nantinya ia akan berkeliling ke tiap-tiap Kecamatan. Langkah ini dinilai tepat mengingat banyak hewan kurban yang dipotong di luar RPH yang ada.

"Saya sendiri akan berkeliling dan melihat pembagian daging. Namun tetap dengan Prokes yang ketat," tutupnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement