Ahad 04 Jul 2021 22:57 WIB

Bank Syariah Harus Dorong Penerapan Keuangan Berkelanjutan

Bank syariah bisa jalin kolaborasi dengan bisnis hijau untuk keuangan berkelanjutan

Keuangan berkelanjutan (sustainable finance) bagi bank syariah di Indonesia didefinisikan sebagai dukungan menyeluruh dari industri jasa keuangan untuk pertumbuhan berkelanjutan yang dihasilkan dari keselarasan antara kepentingan ekonomi, sosial, dan lingkungan hidup dari perspektif islam, pengintegrasian keuangan berkelanjutan dalam prinsip dan standar syariah.
Foto:

Perbankan syariah juga dapat memanfaatkan digitalisasi layanan untuk meningkatkan tingkat inklusi terhadap perbankan syariah. Salah satu cara dalam memperluas akses masyarakat ke perbankan syariah ialah dengan menghadirkan produk-produk yang berprinsip ESG, produk yang diharapkan bisa mempermudah nasabah untuk berdonasi dan berkontribusi aktif terhadap keberlangsungan sosial dan lingkungan.

Bank syariah juga bisa menjalin kolaborasi bisnis hijau yang dilakukan dengan entitas brand lain dengan penggemar atau konsumen yang banyak dan memiliki loyalitas yang emosional untuk menangkap potensi pasar milenial dan generasi Z yang saat ini sangat besar.

 

“Dengan koordinasi yang baik serta komitmen yang kuat dari seluruh perbankan syariah di Indonesia, maka implementasi keuangan berkelanjutan bisa diterapkan secara optimal hingga mencapai tujuan bersama untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan menjamin keberlanjutan sampai generasi seterusnya,” pungkasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement