Selasa 22 Jun 2021 13:26 WIB

Petani Minta Food Estate Bawang Merah Punya Teknologi Gudang

Petani butuh teknologi pergudangan demi meminimalisasi kerusakan pasokan pascapanen

Rep: Dedy Darmawan Nasution/ Red: Gita Amanda
Bawang merah Glowing asal Bantul ini memiliki ukuran yang lebih besar, dengan warna merah bening sehingga sangat menarik jika dibandingkan dengan bawang merah yang lain.
Foto:

Mengutip prognosis neraca pangan periode Mei-Agustus 2021 dari Kementerian Pertanian, stok bawang merah pada akhir April lalu sebanyak 37.145 ton adapin proyeksi produksi dalam negeri sebanyak 370.363 ton. Dengan kata lain pada periode ini terdapat pasokan bawang merah sebanyak 407.507 ton. Jumlah itu, jauh di atas perkiraan kebutuhan pada waktu yang sama sebesar 333.857 ton sehingga diperoleh surplus sekitar 73.650 ton.

Sementara itu, Komisi IV DPR dalam Rapat Kerja bersama Kementerian Pertanian pada Senin (21/6) meminta adanya evaluasi bersama mengenai program Food Estate yang dibangun pemerintah. Hal itu tertuang dalam poin kelima dalam kesimpulan rapat.

Wakil Ketua Komisi IV, Anggi Erma Rini, saat membacakan kesimpulan mengatakan, Komisi IV mengkritisi program Food Estate yang dinilai tidak memiliki target produksi yang terukur. Oleh karena itu, kata dia, perlu dilakukan evaluasi atas program Food Estate paling lambat akhir Agustus 2021 untuk kemudian dibahas kembali.

Sebagai informaisi, sejauh ini setidaknya terdapat tiga Food Estate yang tengah dikembangkan ya

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement