Kamis 17 Jun 2021 19:54 WIB

Pertamina Terus Perkuat Program CSR di Empat Pilar

Pertamina memastikan akses terhadap energi yang terjangkau, dan mendukung pertumbuhan

Pertamina Hijau bertujuan untuk penyelamatan lingkungan hidup, Pertamina Group telah melestarikan ribuan flora dan fauna, sedimentasi baru dan penyelamatan lahan dari kebakaran, pemanfaatan hutan dan penanaman pohon mangrove.
Foto:

Adapun pada program Pertamina Berdikari, dimana masyarakat didorong untuk menghadirkan energi secara mandiri, lanjutnya, Pertamina Group telah menghasilkan dampak bagi pengurangan emisi, mengalirkan gas methane, pemanfaatn kotoran menjadi energi terbarukan serta mereduksi timbunan sampah, pemanfaatan lahan pemanfaatan minyak jelantah menjadi energi listrik. Program TJSL pemberdayaan komunitas (kawasan) ini mampu memberikan dampak ekonomi kepada 6.929 penerima manfaat senilai hampir dari Rp 1 miliar per tahun

Program TJSL lainnya yakni Pertamina Cerdas. Upaya Pertamina untuk membantu Pemerintah dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia telah dirasakan manfaatnya oleh 3.295 siswa. Program Pertamina Cerdas juga telah memberikan pembelajaran bagi anak berkebutuhan khusus serta meningkatkan pemahaman warga di bidang kesehatan dan lingkungan.

“Melalui Pertamina Cerdas telah dihasilkan menghemat biaya pendidikan puluhan juta per tahun,” jelasnya.

Dari Creating Shared Value atau kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan nilai kompetitif perusahaan melalui kegiatan sosial dan ekonomi, Pertamina mengembangkan Program Enduro Student Program (ESP) untuk memberikan pendidikan, pelatihan dan magang bagi lulusan SMK agar mampu menjadi wirausaha muda mandiri. Sebanyak 113 penerima manfaat yang tersebar di 64 outlet bengkel aktif dan mampu menghasilkan CSV sebesar Rp 1 miliar melalui penjulan botol pelumas Pertamina dan pendapatan jasa reparasi perusahaan.

Melalui empat pilar program TJSL, Fajriyah menuturkan, Pertamina meraih lebih dari 80 proper Emas dan hijau dan tiga diantaranya penghargaan Internasional serta 1 rekor MURI. “Program TJSL akan terus dikembangkan secara berkelanjutan dengan penerima manfaat yang lebih besar sebagai kontribusi Pertamina bagi masyarakat dan bangsa Indonesia,” pungkas Fajriyah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement