Kamis 20 May 2021 17:42 WIB

Alsintan Dirasa Mampu Tingkatkan Produktivitas Pertanian

Alsintan merupakan alat bantu untuk meningkatkan efektivitas kinerja petani di sawah

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Gita Amanda
Menteri Pertanian (Mentan) RI Syahrul Yasin Limpo menyerahkan bantuan alat mesin pertanian (alsintan) kepada para petani di Desa Kanigoro, Pagelaran, Kabupaten Malang, Selasa (18/5).
Foto:

Heru berpendapat, penggunaan Alsintan tidak saja meningkatkan produktivitas, namun juga kualitas padi yang dihasilkan petani. Ia menjelaskan hasil pemakaian mesin panen yang disebut combine harvester. Biasanya, ketika padi yang dihasilkan masu pabrik, akan mengalami penyusutan karena dipotong sekian persen untuk yang hampa.

"Ketika menggunakan mesin combain itu hampanya dan susut sedikit. Dengan mesin panen ini, sekarang dipotong, masuk karung dan langsung dibawa ke pabrik, seperti itu," kata dia.

Sebelumnya, Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo menjelaskan, Alsintan merupakan alat bantu untuk meningkatkan efektivitas kinerja petani di sawah. Dengan alsintan diharapkan tugas-tugas petani yang memerlukan waktu cukup lama dapat dipangkas. Alsitan ini diharapkan dapat membantu seluruh kegiatan pertanian mulai dari proses tanam, panen, hingga pengolahan hasil panen.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement