Selasa 11 May 2021 07:53 WIB

NFT, Bagian Ekosistem Blockchain yang Kini Jadi Tren Global

NFT adalah aset digital yang mewakili barang berwujud dan tidak berwujud yang unik.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/Setyanavidita Livikacansera/ Red: Dwi Murdaningsih
Blockchain
Foto:

Menurut Cuban yang juga baru saja merilis pasar NFT, Lazy.com ini, di awal boom NFT, beberapa bulan lalu, ada lebih banyak pembeli ketimbang penjual. Hal ini membuat harga NFT, begitu melambung tinggi.

Kini, pasar NFT menjadi semakin ramai sehingga hukum penawaran dan permintaan pun bekerja. "Ke depan, pasar NFT akan terus berkembang, dengan kondisi di mana harga akan lebih rasional karena jumlah pembeli dan penjual sudah semakin seimbang," ujarnya.

Hal senada, juga disampaikan Tyler dan Cameroon Winklevoss dalam kesempatan yang sama. Winklevoss bersaudara juga memiliki platform marketplace penjualan NFT, yaitu Nifty Gateway.

Tyler menjelaskan, sebelum NFT dikenal luas seperti sekarang, ia sempat mencari-cari seniman yang sekiranya berminat menjual karyanya dalam bentuk digital. "Saya berpatroli di media sosial, menghubungi beberapa seniman melalui direct message, jarang yang memberi respons," ujarnya.

Namun, kini situasi justru berbalik. Setelah NFT makin populer, Nifty Gateway justru kebanjiran pesan dari para seniman yang ingin karyanya bisa masuk ke platform tersebut. "Dalam situasi apa pun, konten yang berkualitas dan kurasi yang apik, akan selalu menjadi kekuatan utama industri seni dan kreatif," ujar Tyler.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement