Selasa 04 May 2021 17:44 WIB

Sri Mulyani: Tantangan Ekonomi Masih Tinggi Hingga 2022

Gelombang baru di berbagai negara menimbulkan komplikasi dalam penanganan Covid-19

Rep: Novita Intan/ Red: Gita Amanda
Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan tantangan pandemi Covid-19 dan perekonomian masih tinggi pada tahun ini dan 2022.
Foto:

Di dalam negeri, pemulihan ekonomi Indonesia belum merata antar sektor yang lebih mudah pulih dan lebih sulit pulih. "Sektor industri keuangan juga harus terus dijaga karena masih dalam posisi untuk mendukung pemulihan, namun mereka juga melihat ada kinerja dari sektor usaha yang perlu diwaspadai," ucapnya.

Terakhir, perubahan teknologi terutama teknologi digital dan perubahan iklim yang disebut akan terus memengaruhi dan membentuk ekonomi Indonesia. "Inilah yang harus menjadi perhatian bagi kita semua policy maker pusat dan daerah," ucapnya.

Maka itu Menteri Sri Mulyani pun menekankan sinergi antara pemerintah pusat dan daerah. Saat ini dibutuhkan peran Pemerintah Daerah (Pemda) melalui APBD atau keuangan daerah.

"Jika tidak maka ini akan menimbulkan kompleksitas karena APBD di daerah dan transfer ke daerah itu sepertiga APBN kita, ditambah dengan APBD jumlahnya cukup memengaruhi perekonomian Indonesia. Oleh karena itu, koordinasi dan sinergi kelembagaan serta antara pusat dan daerah menjadi suatu keharusan," ucapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement