Ahad 25 Apr 2021 03:30 WIB

Orang Kaya di India Beli Ikon Inggris Seharga Rp 1,145 T

Lokasi ikonik di Inggris ini pernah menjadi latar dua film James Bond.

Rep: Novita Intan/ Red: Nidia Zuraya
Salah satu tempat ikonik di Inggris, Stoke Park.
Foto: stokepark.com
Salah satu tempat ikonik di Inggris, Stoke Park.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Perusahaan multinasional asal India, Reliance Industries Ltd membeli salah satu ikon Inggris Stoke Park seharga 79 juta dolar AS atau setara Rp 1,145 triliun (kurs Rp 14.500 per dolar AS) untuk menambahkan lokasi ikonik yang menjadi latar dua film James Bond. Pembelian ini untuk menambah portofolio properti pariwisata.

Seperti dilansir dari laman Bloomberg, Sabtu (24/4) sebuah unit yang dimiliki sepenuhnya oleh Reliance Industries akan membeli Stoke Park, yang memiliki dan mengelola sebuah hotel, fasilitas olahraga dan rekreasi di Buckinghamshire, seharga 57 juta pound atau 79 juta dolar AS. Nantinya akuisisi ini akan menambah aset konsumen dan perhotelan Reliance.

Baca Juga

Lapangan golf bergulir di properti ini terkenal sejak James Bond bermain dengan Auric Goldfinger film blockbuster pada 1964. Sejak saat itu, perkebunan dengan rumah besar era Georgia yang terletak di tengah-tengah taman seluas 300 hektar juga menjadi latar belakang dalam produksi seperti Bridget Jones’s Diary dan drama Keluarga Kerajaan Inggris Netflix Inc. The Crown.

Dalam kehidupan nyata, 49 kamar tidur dan suite mewahnya, lapangan golf kejuaraan 27 lubang, 13 lapangan tenis, dan 14 hektar taman pribadi menarik wisatawan kaya dari seluruh dunia.

Akuisisi marquee terbaru bagi konglomerat ritel ke penyulingan miliarder India Ambani menandai porosnya menuju penawaran konsumen. Reliance membeli jaringan toko mainan Hamleys yang berbasis di Inggris pada 2019 dan berusaha untuk menghidupkannya kembali.

Meskipun perkebunan Stoke Park memiliki catatan sejarah lebih dari 900 tahun, itu digunakan sebagai tempat tinggal pribadi hingga 1908.

Ambani merupakan orang terkaya di India yang memiliki kekayaan bersih 71,5 miliar dolar AS, menjadikannya orang terkaya ke-13 di dunia, menurut Bloomberg Billionaires Index.

Reliance telah mengumumkan akuisisi senilai 3,3 miliar dolar AS dalam empat tahun terakhir, dengan 80 persen diantaranya sektor media, teknologi dan telekomunikasi, menurut laporan 23 April oleh Morgan Stanley. Tahun lalu, Reliance membeli 50 persen saham IMG Worldwide LLC dalam usaha patungan manajemen olahraga India mereka, yang menunjukkan komitmen pada bisnis olahraga dan hiburannya.

Inggris muncul sebagai hotspot real estat bagi orang kaya India. Adar Poonawalla, kepala eksekutif Serum Institute of India Ltd. - produsen vaksin terbesar di dunia untuk menyewa properti di Mayfair dengan harga sekitar 50 ribu pound atau 69.300 dolar AS. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement