Ahad 18 Apr 2021 15:10 WIB

Kemenperin Targetkan Investasi Manufaktur Capai Rp 323,56 T

Pemerintah bertekad terus mewujudkan iklim usaha kondusif melalui kebijakan strategis

Rep: Iit Septyaningsih/ Red: Gita Amanda
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan Kemenperin menargetkan investasi di sektor industri manufaktur mencapai Rp 323,56 triliun pada 2021.
Foto:

Nilai tersebut merupakan investasi awal dari rencana sebesar 1,5 miliar dolar AS yang akan direalisasikan secara bertahap, sekaligus akan menambah penyerapan tenaga kerja. Hingga 2021, PT Pegatron Technology Indonesia telah menggelontorkan investasinya sebesar 7 juta dolar AS untuk merenovasi pabrik serta sekitar 1 juta dolar AS untuk pengadaan mesin dan peralatan yang saat ini dalam tahap pengembangan trial production.

“Di tengah kondisi pandemi Covid-19 saat ini, kami memberikan apresiasi atas komitmen para investor yang telah menanamkan modalnya di Indonesia,” ujar Taufiek. Ia menambahkan, PT Pegatron Technology Indonesia telah melakukan ekspor pertama kalinya ke pasar Amerika Serikat untuk produk smarthome, wi-fi dan power bank dengan menggandeng PT Sat Nusapersada dalam menjalankan usahanya.

Target pasar perusahaan tersebut sementara ini yaitu sebesar 100 persen untuk pasar ekspor. Hanya saja apabila ada permintaan dalam negeri yang sesuai perhitungan ekonomi dan bisnis, perusahaan mempertimbangkan kembali guna mengisi pasar domestik.

Pada pertengahan 2021 ini, PT Pegatron Technology Indonesia juga berencana mengajukan permohonan verifikasi teknis izin usaha industri (IUI) untuk bidang usaha baru lainnya. Kini mereka sedang dalam tahap memasukkan peralatan dan mesin ke Indonesia.

Hal ini membuktikan, Indonesia dinilai masih memiliki potensi besar sebagai destinasi investasi saat pandemi Covid-19. “Sekali lagi, kami mengapresiasi PT Pegatron Technology Indonesia atas rencana perluasan investasinya di Batam. Dalam waktu dekat mereka akan mendatangkan tenaga ahli untuk membantu set up pabrik di Indonesia selama enam bulan,” tutur Direktur Industri Elektronika dan Telematika Kemenperin Ali Murtopo Simbolon. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement