Rabu 07 Apr 2021 11:08 WIB

Infrastruktur Air Food Estate Kalteng Masih Terus Dibenahi

Pemerintah terus melakukan perbaikan infrastruktur, termasuk tata kelola air

Rep: Dedy Darmawan Nasution/ Red: Gita Amanda
Suasana lahan pertanian Food Estate Kalimantan Tengah di Desa Bentuk Jaya (Blok A5), Kecamatan Dadahup, Kabupaten Kapuas.
Foto:

Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementerian Pertanian, Sarwo Edhy,  menyampaikan pada tahun lalu, pengembangan Food Estate yang dikelola tersebar seluas 20 ribu hektar di Kabupaten Kapuas dan 10 ribu hektare di Kabupaten Pulang Pisau.

"Hingga saat ini, telah mencapai 29.032 hektare dan sudah realisasi untuk panen seluas 15.862 hektare hingga 31 Maret 2021," jelasnya.

Sarwo Edhy menambahkan, Food Estate di Kalimantan Tengah digarap dengan full mekanik. "Kita menggelontorkan banyak alsintan untuk mendukung pertanian di Food Estate," katanya menambahkan.

Sementara itu, Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan, mengatakan, kawasan Food Estate Kalteng tengah berfokus pada wilayah eks pengembangan lahan gambut.

Luhut meyakini, sektor pertanian di Kalimantan Tengah membawa hal penting sekaligus mampu mengurangi emisi karbon, gas rumah kaca. Agar lebih maksimal, Luhut mengatakan penataan dan pengelolaan air akan menjadi kunci.

"Kita juga akan meningkatkan fungsi alsintan agar petani mendapatkan alat dan mesin pertanian yang murah. Presiden juga sudah kasih perintah bahwa produksi alsintan dalam negeri wajib digunakan di sini termasuk pemeliharaannya," tuturnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement