Senin 22 Mar 2021 03:59 WIB

Kementan Dorong Petani Terapkan Sisten Jajar Legowo

Kementan dengan IPDMIP menggelar sosialisasi sistem Jajar Legowo

Mentan Syahrul Yasin Limpo (kanan) didampingi Kepala BPPSDMP Dedi Nursyamsi mendorong petani menerapkan tanam padi dengan sistem Jajar Legowo
Foto: Kementan
Mentan Syahrul Yasin Limpo (kanan) didampingi Kepala BPPSDMP Dedi Nursyamsi mendorong petani menerapkan tanam padi dengan sistem Jajar Legowo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jajar Legowo, sistem pengaturan jarak tanam padi membuka cakrawala petani di lahan irigasi pada 74 kabupaten di 16 provinsi, tentang populasi tanaman lebih 16.000 per hektar, yang menerapkan setiap empat baris tanaman diselingi satu barisan kosong.

Sosialisasi sistem tanam Jajar Legowo (Jarwo) dilakukan Kementerian Pertanian didukung Integrated Participatory Development and Management of Irrigation Program (IPDMIP) menjadi fokus Sekolah Lapang (SL) yang digelar oleh IPDMIP.

Dedi Nursyamsi selaku Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian - Kementerian Pertanian (BPPSDMP Kementan) mengingatkan peningkatan produktifitas tanaman padi adalah hal yang sangat penting saat ini.

“Tuntutan pertanian saat ini adalah meningkatkan produktivitas dan meminimalisir losses seminimal mungkin. Salah satu upayanya dengan Sekolah Lapang IPDMIP,” kata Dedi Nursyamsi.

Para petani, katanya, diajak memahami dan praktik Jarwo seperti dilakukan pada kelompok tani (Poktan) Tani Harapan I Desa Pajangan pada kawasan irigasi Kwanon di Kecamatan Sukodadi, Kabupaten Lamongan di Provinsi Jawa Timur.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan peningkatan produktivitas harus dilakukan untuk menjaga ketahanan pangan.

"Dalam pandemi Covid-19, kita dituntut untuk mampu menjaga ketahanan pangan, juga mewujudkan kemandirian pangan. Hal ini bisa direalisasikan jika kita mampu meningkatkan produktivitas," katanya.

Sebagaimana diketahui, Jarwo 4:1 menerapkan setiap empat baris tanaman diselingi satu barisan kosong. Tipe ini memiliki dua baris tanaman pinggir dan dua baris tanaman tengah dengan jarak tanam 20 cm.  

Jarwo 4:1 yang direkomendasi Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Kementan (Balitbangtan) mengatur jarak tanam agar mampu menampung populasi tanaman lebih banyak, dan tanaman pinggir lebih banyak pula. Jarak tanam dapat dimodifikasi sesuai kondisi dan tingkat kesuburan lahan serta varietas yang digunakan.  Di lahan subur, jarak tanam bisa lebih lebar sementara pada lahan kurang subur jarak tanam bisa dikurangi. 

Jarak tanam disesuaikan varietas padi yang digunakan, misalnya tanaman padi yang tipe penampilannya lebat dan tinggi jarak tanam agak diperlebar, begitu pula sebaliknya, untuk varietas padi yang kurang lebat jarak tanamnya dikurangi. 

Jarwo mengatur jarak tanam, dalam satu petak lahan  ada beberapa barisan kosong dengan jarak lebih lebar ketimbang jarak antar barisan tanaman. Singkatnya, Jarwo adalah cara menanam padi dengan pola beberapa barisan tanaman diselingi satu barisan kosong. 

Tanaman yang seharusnya ditanam pada barisan kosong dipindah sebagai tanaman sisipan di dalam barisan, yang direkomendasi paket Pengelolaan Tanaman Terpadu [PTT]. Memudahkan pemeliharaan, pemupukan, penyemprotan dan pengawasan lantaran dapat dilakukan melalui barisan kosong sehingga tanaman tak terganggu.

Adanya barisan kosong, lingkungan relatif lebih terbuka sehingga hama terutama tikus tidak menyukai tempat tersebut. Jarwo juga mengurangi kelembaban sehingga perkembangan penyakit bisa ditekan.

Jarwo 4:1 juga menghemat penggunaan pupuk, karena lebih terkonsentrasi pada tanaman dalam barisan. Jumlah tanaman pinggir lebih banyak, sehingga kualitas pertumbuhan dan jumlah produksi lebih baik. Tanaman di barisan pinggir memiliki ruang tumbuh lebih leluasa dan mendapat intensitas sinar matahari lebih banyak, yang akan meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi padi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement