Selasa 09 Mar 2021 12:17 WIB

Beratnya Peluang dan Tantangan Dunia Kerja Pascapandemi

Sebagian responden percaya kehidupan kerja akan berbeda setelah pandemi.

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Friska Yolandha
Sejumlah pegawai saat berjalan di kawasan Sudirman, Jakarta, Senin (10/6). Dunia pekerjaan akan terus berubah setelah adanya pandemi Covid-19. Hal ini diperkuat dengan sejumlah pernyataan yang dilakukan berbagai lembaga. Termasuk kelompok para akuntan profesional dalam Institute of Chartered Accountants in England and Wales (ICAEW) dan ASEAN Federation of Accountants (AFA).
Foto:

Sejalan dengan hasil survei internasional, survei ini menemukan sekitar 92 persen responden percaya bahwa kehidupan kerja akan terus terlihat berbeda setelah pandemi. Sebesar 79 persen menyatakan bahwa kehidupan pekerjaan mereka sangat dipengaruhi oleh pandemi.

Direktur Eksekutif AFA, Aucky Pratama menambahkan, pekerjaan akuntan juga terpengaruh realitas jarak jauh baru dan lanskap bisnis yang berkembang pesat. Sehingga penting bagi akuntan untuk bertindak sebagai penasihat terpercaya dan berfungsi sebagai kekuatan untuk kebaikan.

Akuntan perlu memandu bisnis dan organisasi tentang cara menavigasi fase normal baru untuk pekerjaan. Juga mengatasi kepedulian yang berkelanjutan dan mendorong fase pertumbuhan inklusif dan berkelanjutan berikutnya.

"Dalam banyak hal, ini semua dimulai dengan mengadopsi pendekatan yang mengutamakan manusia," katanya.

 

Misinya adalah menumbuhkan pengalaman kerja digital yang efisien dan memuaskan. Sambil mengatasi masalah tertentu seperti kurangnya komunikasi tatap muka dengan karyawan dan klien baru.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement