Selasa 09 Feb 2021 19:22 WIB

CORE: Wakaf Solusi Makro Ekonomi Indonesia

Gerakan wakaf menjadi harapan untuk mengangkat sekitar 68 persen penduduk miskin

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Nidia Zuraya
Ilustrasi Wakaf
Foto:

Hendri mengatakan, isu wakaf juga bukan hanya pada sisi pengumpulan, tapi juga sisi penyaluran dan pemanfaatan. Wakaf perlu didorong jadi instrumen penting yang menggerakan ekonomi di sektor riil.

Selama ini, selalu ada missing link antara sektor keuangan dan sektor riil. Wakaf harus bisa jadi solusi pada permasalahan tersebut, karena secara hakikatnya wakaf bisa menimbulkan efek beruntun.

Menurutnya, masyarakat bawah selama ini bukan tidak mampu berinvestasi atau berproduksi. Mereka memiliki keterampilan dan waktu yang juga menghasilkan sesuatu namun tidak terhitung dalam tatanan keuangan konvensional.

Sementara dalam tataran wakaf, hal tersebut bisa dihindari. Ia mencontohkan wakaf project based yang langsung menyentuh sektor riil dan masyarakat. Misal, potensi peternakan kambing dari dana wakaf yang perlu dimaksimalkan hingga bisa bertaraf ekspor.

Dari semuanya, Hendri kembali pada sisi literasi wakaf yang masih rendah. Sehingga ia berjanji untuk terus membahas potensi wakaf dan implementasinya dalam tatanan lebih luas. Agar setiap pihak bisa mengambil peran yang signifikan sesuai dengan kapasitasnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement