Selasa 02 Feb 2021 12:19 WIB

Negara-Negara Asia Ini Dihantam Badai Inflasi

Indonesia salah satu negara Asia yang mengalami inflasi pada Januari lalu.

Rep: Adinda Pryanka/ Red: Nidia Zuraya
Inflasi (ilustrasi)

India

Inflasi harga konsumen naik 4,59 persen pada Desember, jauh di bawah 6,9 persen pada November. Penurunan tajam harga pangan menjadi faktor utamanya. Bank sentral India menargetkan inflasi di level dua sampai enam persen pada tahun lalu.

Korea Selatan

Inflasi Korea Selatan sedikit meningkat pada Januari karena konsumen menumpuk bahan makanan jelang liburan Tahun Baru Imlek akhir bulan ini. Harga konsumen naik 0,6 persen dari tahun sebelumnya, setelah naik 0,5 persen pada Desember.

Gubernur Bank Korea Lee Ju-yeol telah berjanji untuk terus mendukung perekonomian. Tapi, ia juga memperingatkan terhadap pinjaman berlebihan yang telah memicu reli di saham negara dan pasar properti.

Jepang

Penurunan inflasi utama Jepang semakin dalam pada Desember karena penyebaran virus corona gelombang berikutnya yang membebani perekonomian. Harga konsumen, tidak termasuk makanan segar, turun satu persen dari tahun sebelumnya, dengan penurunan biaya energi mempercepat penurunan.

Bank sentral akan membiarkan pengaturan kebijakan utamanya tidak berubah. Gubernur Bank of Japan (BoJ) Haruhiko Kurodo ebrusaha untuk tetap membuka semua opsi untuk tinjauan kebijakan pada Maret. BoJ mempertahankan proyeksi pertumbuhan harga tidak mungkin memenuhi target dua persen sebelum awal 2023.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement