Selasa 02 Feb 2021 12:19 WIB

Negara-Negara Asia Ini Dihantam Badai Inflasi

Indonesia salah satu negara Asia yang mengalami inflasi pada Januari lalu.

Rep: Adinda Pryanka/ Red: Nidia Zuraya
Inflasi (ilustrasi)
Inflasi (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Level inflasi mencatatkan nilai tinggi di beberapa bagian Asia dan sekitarnya, namun tidak sedikit juga yang berada di level rendah. Hal ini mempengaruhi kebijakan bank sentral untuk lebih mendukung ekonomi di wilayah yang memimpin pemulihan dari pandemi Covid-19 ini.

Berikut sekilas gambaran inflasi di Asia, dimulai dengan negara-negara yang sedang mengalami peningkatan, seperti dilansir di Bloomberg, Senin (1/2).

Baca Juga

Filipina

Inflasi negara ini mencapai level tertinggi selama dua tahun terakhir, yakni 3,5 persen pada Desember, didorong oleh kenaikan tajam harga pangan. Topan yang terjadi berturut-turut pada kuartal keempat dan penyebaran demam babi Afrika yang terus berlanjut menghantam stok makanan Filipina yang rantai pasokannya sudah di bawah tekanan akibat lockdown lokal.

Bank sentral Filipina menilai, kenaikan inflasi kemungkinan akan terjadi sementara saja. Inflasi akan bertahan di atas titik tengah dari target dua sampai empat persen pada paruh pertama 2021, kemudian turun hingga di bawah tiga persen.

Indonesia

Inflasi Indonesia telah kembali ke level seharusnya. Tapi, level pada Desember merupakan tertinggi selama enam bulan terakhir membuat beberapa ekonom waspada bahwa hal itu akan mendorong bank sentral memangkas stimulus moneternya.

Inflasi tetap moderat di 1,55 persen pada Januari dan diperkirakan kembali dalam kisaran target Bank Indonesia (BI), dua sampai empat persen, tahun ini. Langkah stimulus pemerintah dan penguatan permintaan konsumen akan menjadi faktor pendorongnya.

Gubernur BI Perry Warjiyo menyebutkan, ia memiliki ruang cukup untuk relaksasi apabila memang dibutuhkan. Ekonomi terbesar Asia Tenggara ini bersiap untuk kemungkinan resesi jika pandemi berlangsung lebih lama dari yang diharapkan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement