Kamis 21 Jan 2021 03:44 WIB

5 Rencana Besar Joe Biden dalam Perekonomian AS

Joe Biden akan meningkatkan stimulus dan tunjangan untuk atasi Covid-19.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Friska Yolandha
 Presiden terpilih Joe Biden menangis ketika dia berbicara di Pusat Pengawal / Cadangan Nasional Mayor Joseph R. Beau Biden III, Selasa (19/1/2021), di New Castle, Del.
Foto:

3. Triliunan belanja infrastruktur ramah iklim

Biden berencana untuk mendorong bantuan pandemi terlebih dahulu, diikuti dengan paket kedua, yang akan mencakup kenaikan pajak serta pengeluaran besar-besaran untuk investasi dalam infrastruktur, penelitian, dan prioritas lainnya. Ini dengan penekanan pada barang-barang ramah iklim seperti stasiun pengisian daya untuk kendaraan listrik.

Investasi infrastruktur adalah ide dengan banyak dukungan dari kelompok bisnis dan ide yang secara teori dapat menyatukan kaum konservatif dan liberal. Tetapi membuat Kongres ikut serta untuk pengeluaran pekerjaan umum yang cukup besar mungkin terbukti lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. 

Lagipula, Donald Trump juga memuji rencana infrastruktur, janji yang menjadi lelucon di Washington karena berulang kali gagal untuk maju. Dan banyak kebijakan ramah iklim tetap kontroversial di antara perusahaan dan Partai Republik, yang sudah mulai mengkritik agenda Biden dan meningkatkan kekhawatiran tentang biayanya.

4. Perubahan perintah tentang imigrasi dan lingkungan

Biden tidak perlu bergantung pada Kongres untuk segalanya. Ia kemungkinan besar akan memfokuskan kekuasaan eksekutifnya pada isu-isu seperti imigrasi dan lingkungan, dua area di mana dunia korporat sering kali terpisah dari pemerintahan Trump.

Dia telah berjanji untuk segera membalikkan tindakan Trump, termasuk dengan bergabung kembali dengan Paris Climate Accord dan mengakhiri larangan perjalanan dari beberapa negara mayoritas Muslim.

Dia juga memiliki kekuatan untuk memengaruhi kebijakan melalui orang yang ditunjuk, aturan baru yang mengatur masalah seperti polusi, dan kekuatan pengeluaran Washington, yang telah dia janjikan akan digunakan untuk meningkatkan permintaan kendaraan listrik.

5. Kebijakan menghapus utang mahasiswa

Tidak jelas seberapa jauh Biden akan melangkah dalam menggunakan kekuasaan Gedung Putihnya. Para pemimpin Demokrat seperti Senator Elizabeth Warren dan Chuck Schumer telah mendorongnya untuk menandatangani perintah eksekutif yang menghapus utang mahasiswa hingga 50 ribu dolar AS kepada pemerintah federal.

 

Biden sejauh ini telah menolak seruan untuk secara sepihak membatalkan utang tersebut, tetap dengan sikap yang dia ambil selama kampanye pemilihannya, ketika dia mendukung proposal legislatif untuk menghapus hutang hingga 10 ribu dolar AS dalam pinjaman mahasiswa federal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement