Selasa 19 Jan 2021 11:22 WIB

Kementan: Akhir Januari Harga Cabai Dipastikan Turun

Penurunan harga didorong musim panen cabai yang akan digelar beberapa hari ke depan

Rep: Dedy Darmawan Nasution/ Red: Gita Amanda
Penjual menyortir cabai rawit merah. Harga cabai rawit merah di pasar daerah tersebut naik dari Rp50 ribu per kilogram menjadi Rp85 ribu per kilogram sejak awal tahun. Kementan menyatakan akhir Januari, harga cabai akan turun.
Foto:

Adapun, mengutip statistik Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) per 18 Januari 2021, cabai merah keriting secara nasional dihargai Rp 54.550 per kg sedangkan cabai rawit merah sebesar Rp 76.350 per kg.

"Volume memang kecil, tapi kami siap terus membantu masyarakat untuk mendapatkan cabai dengan harga yang lebih murah," kata Maino.

Ia menambahkan, saat ini sebagian petani cabai juga sudah memulai kegiatan panen. Meski demikian, terdapat kendala akibat cuaca ekstrem. Maino menjelaskan, curah hujan tinggi menyebabkan adanya tunda petik para petani karena rawan merusak kualitas produk sekaligus biaya tenaga kerja yang lebih mahal.

Situasi itu menyebaban fluktuasi harga yang cukup tinggi. "Seperti di Pasar Kramat Jati kalau dilihat itu perubahan harga tiap hari tinggi sekali, kadang bisa berbeda RPp 5.000 per kg," katanya.

Pihaknya pun optimistis ketika kegiatan panen mulai normal, harga cabai di perkotaan diyakini akan stabil sehingga masyarakat dapat kembali mendapatkan cabai dengan harga normal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement