Selasa 19 Jan 2021 11:14 WIB

Pulihkan Ekonomi, Malaysia Siapkan Stimulus Rp 51,94 Triliun

Mobilitas publik dan bisnis di Malaysia hampir terhenti selama enam minggu.

Rep: Novita Intan/ Red: Nidia Zuraya
Sebuah keluarga yang memakai masker wajah berjalan di depan Menara Kembar di pusat kota Kuala Lumpur, Malaysia, Senin, 11 Januari 2021. Pemerintah Malaysia menyiapkan dana stimulus sebesar 15 miliar ringgit untuk mendorong pemulihan ekonomi.
Foto:

Langkah-langkah bantuan baru pemerintah termasuk tambahan satu miliar ringgit untuk mendanai pengadaan lebih banyak persediaan bagi petugas perawatan kesehatan garis depan, termasuk reagen dan peralatan skrining serta peralatan pelindung diri.

Perbankan juga akan memperpanjang moratorium pinjaman dan restrukturisasi pembayaran kembali untuk individu dan bisnis, sedangkan pemerintah akan mempercepat pencairan bantuan tunai kepada keluarga dan individu berpenghasilan rendah dan memperluas ruang lingkup rencana subsidi upah bagi pengusaha.

Pemerintah meluncurkan langkah-langkah stimulus sebesar 305 miliar ringgit tahun lalu, mulai dari pemberian uang tunai hingga subsidi gaji dan moratorium pinjaman untuk membantu masyarakat dan bisnis mengatasi pandemi.

Pada November, pemerintah mengumumkan rekor anggaran sebesar 322,5 miliar ringgit 79,75 miliar dolar AS pada 2021 guna memacu aktivitas ekonomi dan mendukung pertumbuhan.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement