Ahad 10 Jan 2021 14:41 WIB

Vaksinasi Kunci Pertumbuhan BUMN Karya Tahun Ini

Grup konstruksi BUMN menjadi sektor yang paling terdampak pandemi Covid-19.

Rep: Adinda Pryanka/ Red: Gita Amanda
Ilustrasi Covid-19. Pengamat BUMN dari Universitas Indonesia (UI) Toto Pranoto menyebutkan, pelaksanaan vaksinasi yang lebih awal dapat membantu mendorong pertumbuhan BUMN karya pada tahun ini.
Foto:

Ke depannya, Toto menambahkan, BUMN karya dapat memanfaatkan untuk penyelesaian beberapa kontrak pembangunan infrastruktur yang ada sebagai carry forward pekerjaan pada 2020. Kegiatan ini dapat dilakukan sekaligus mengeksekusi proyek yang sudah masuk dalam kontrak pada 2021.

Toto mengatakan, pada tahun ini, BUMN karya harus memperhatikan beberapa hal sebelum melaksanakan proyek. Salah satunya, spesifikasi dan pembiayaan proyek yang akan dikerjakan tentu harus disesuaikan dengan syarat dan ketentuan. "Tujuannya, agar tidak menggerus modal kerja mereka," katanya.

Selain itu, kontribusi beberapa proyek internasional juga bisa ditingkatkan. Misalnya, Toto memberikan contoh, PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (WIKA) memiliki proyek pembangunan gedung dan infrastruktur di Afrika.

Demikian juga kecepatan divestasi beberapa proyek investasi yang sudah selesai. "Seperti jalan tol yang dimiliki WSKT (PT Waskita Karya Persero) harus dipercepat sehingga posisi keuangan perusahaan dapat lebih sehat," ujar Toto.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement