Rabu 30 Dec 2020 08:45 WIB

2021, Kemenhub Maksimalkan Anggaran Rp 45 Triliun

Arah penyusunan RKAP 2021 mendukung percepatan pemulihan ekonomi.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Friska Yolandha
Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memastikan pada 2021 akan memaksimalkan anggaran yang sudah dialokasikan. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan pagu anggaran yang ditetapkan untuk Kemenhub pada 2021 mencapai Rp 45,66 triliun.
Foto:

Dia menjelaskan, pada tahun ini sejumlah proyek infrastruktur transportasi telah berhasil diselesaikan dan serapan anggaran 2020 diproyeksikan mencapai 95 persen. Sejumlah pembangunan infrastruktur transportasi  yang telah selesai dikerjakan yakni Pelabuhan Patimban (tahap 1 Fase 1), pembangunan Runway 3 dan East Cross Taxiway Bandara Soetta, reaktivasi jalur KA Cianjur-Ciranjang-Cipatat, Jalur Ganda KA Lintas Selatan Cirebon-Mojokerto; Pelabuhan patimban (Tahap 1 Fase 1), Bandara Internasional Yogyakarta Kulon Progo, dermaga dan terminal penumpang Pelabuhan Gili Mas-Lombok, dan kapal-kapal perintis. 

Budi mengatakan terdapat sejumlah pembangunan yang masih dikerjakan pada 2020 dan akan dilanjutkan hingga selesai pad 2021. Proyek pembangunan tersebut yaitu Terminal Tipe A Tirtonadi, Solo-Jawa Tengah, Terminal Tipe A Amplas-Medan, Pelabuhan Sanur, Nusa Penida, dan Nusa Ceningan-Bali. LRT Jabodebek, tujuh Bandara di Buntukunik, Muara Teweh, Bintan, Kepulauan Siau, Alor, Sintang, Halmahera Utara, Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor (BPLJSKB), Jalur Dwi Ganda KA Manggarai-Cikarang, KA Cepat Jakarta-Bandung, Bandara Ngloram, Bandara Dewandaru, Karimun Jawa, dan lainnya. 

Budi memastikan pada 2021, juga akan terus melanjutkan subsidi. “Kemenhub tetap memfasilitasi angkutan subsidi perintis di semua moda dan turut mendukung 10 kawasan destinasi pariwisata yang memiliki andil dalam Pemulihan Ekonomi Nasional,” jelas Budi.  

Dia menambahkan, Kemenhub juga mengalokasikan subsidi biaya kalibrasi Penerbangan, subsidi pelayanan jasa penumpang pesawat udara (PJP2U) atau passenger service charge (PSC), dan subsidi Rute Pelayanan Angkutan Umum untuk KSPN sebesar Rp 443 miliar 2020. Subsidi tersebut akan dilanjutkan dengan dana sebesar Rp 1,48 triliun pada 2021. 

 

“Selain itu, telah dilaksanakan program padat karya yang dilaksanakan di seluruh Indonesia dan menyerap sebanyak lebih dari 23 ribu lebih tenaga kerja,” ujar Menhub.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement