Selasa 29 Dec 2020 21:09 WIB

Kemenhub akan Perluas Layanan Teman Bus di 11 kota

Saat ini layanan Teman Bus tersebut baru ada di lima kota

Pengemudi mengoperasikan bus Batik Solo Trans (BST) saat peresmian layanan Transportasi Ekonomis, Mudah, Andal, dan Nyaman (Teman) Bus di kawasan Balai Kota Solo, Jawa Tengah, Selasa (29/12/2020). Layanan Teman Bus tersebut mulai dioperasikan di lima kota, yaitu Solo, Medan, Palembang, Yogyakarta, dan Bali untuk memudahkan masyarakat dalam menggunakan transportasi publik.
Foto:

Ia mengatakan untuk pengadaan Teman Bus pada tahun depan sudah disediakan anggaran sebesar Rp500 miliar yang dibagi di beberapa daerah tersebut.

Selain Teman Bus, pihaknya juga meluncurkan PTIS. Fasilitas PTIS tersebut dikatakannya, akan memudahkan masyarakat untuk mengetahui jadwal bus, waktu yang dibutuhkan untuk melakukan perjalanan, dan alternatif moda transportasi yang dapat digunakan.

"Setiap penumpang akan tahu busnya berapa lama lagi akan sampai di halte tersebut, artinya penumpang tidak perlu menumpuk di halte. Kalau PTIS ini sebetulnya sudah bukan hal baru, agar memudahkan masyarakat saja. Kalau saya dari sini mau ke bandara harus naik apa, alternatif apa, sampai sana jam berapa," katanya.

Ia mengatakan agar masyarakat makin nyaman menggunakan transportasi umum, nantinya PTIS tersebut juga akan diintegrasikan dengan moda transportasi lain sehingga keberadaannya juga ada di bandara dan stasiun.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement