Kamis 24 Dec 2020 07:47 WIB

Harga Terus Merangkak Naik, Kementan Operasi Pasar Telur

Harga telur sebesar Rp 28.550 per kg.

Rep: Dedy Darmawan Nasution/ Red: Dwi Murdaningsih
Pedagang menunjukkan telur ayam ras di salah satu stan, di Pasar Pabean, Surabaya, Jawa Timur, Jumat (11/12/2020). Harga telur ayam ras naik dari Rp.26.000 per kilogram (isi enam belas butir) menjadi Rp.28.000 per kilogram seiring meningkatnya permintaan masyarakat menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2021.
Foto:

"Jadi distribusinya yang harus kita jaga, misalnya lewat biaya angkut yang ditanggung pemerintah, intinya melancarkan distribusi ke kota-kota," ujarnya.

Mengacu pada data terakhir BKP Kementan, secara nasional telur ayam di tingkat produsen akan mencapai harga tertinggi pada pekan keempat dan kelima bulan ini. Yakni pada rentang harga Rp 24 ribu - Rp 25 ribu per kilogram (kg).

Adapun pada tingkat produsen harga yang harus dibayarkan konsumen sekitar Rp 28 ribu per kg. Tren harga kemudian akan mulai menurun pada bulan Januari dan Februari kemudian kembali mengalami sedikit peningkatan pada Maret 2021.

Adapun harga riil telur ayam hingga Rabu (23/12)  berdasarkan Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) sebesar Rp 28.550 per kg. Harga tersebut terus mengalami peningkatan dalam dua terakhir. 

Dedy Darmawan Nasution

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement