Kamis 19 Nov 2020 02:03 WIB

Damri Terapkan Fleet Management System

Sistem ini memberikan visibilitas secara mendetail terhadap aktivitas armada Damri.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Nidia Zuraya
Calon Penumpang berjalan di depan bus Damri di Terminal Leuwipanjang, Kota Bandung (ilustrasi). Damri menerapkan Damri Fleet Management System (DRMS) yang akan semakin mengoptimalkan kinerja operasional dan proses control and monitoring.
Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Calon Penumpang berjalan di depan bus Damri di Terminal Leuwipanjang, Kota Bandung (ilustrasi). Damri menerapkan Damri Fleet Management System (DRMS) yang akan semakin mengoptimalkan kinerja operasional dan proses control and monitoring.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Memasuki ulang tahun ke 74, Perum Damri memastikan terus mengoptimalkan management berbasis digital. Kali ini, Damri menerapkan Damri Fleet Management System (DRMS) yang akan semakin mengoptimalkan kinerja operasional dan proses control and monitoring. 

"DFMS mengacu pada teknologi untuk bertukar informasi antara armada kendaraan dengan platform pusat guna memastikan produktivitas kinerja armada Damri," kata Direktur Komersial dan Pengembangan Bisnis Damri Sandry Pasambuna dalam pernyataan tertulisnya, Rabu (18/11). 

Baca Juga

Dia menjelaskan, sistem tersebut memberikan visibilitas secara mendetail terhadap aktivitas kendaraan. Data pemantauan tersebut menururnya dapat menjadi bahan pertimbangan terpercaya untuk mengoptimalkan armada.

Sementara untuk Damri Tracking System atau sistem pelacakan menempatkan perangkat GPS pada setiap armada untuk mengetahui lokasi akurat. "Selain pemasangan GPS, pemasangan CCTV pada setiap bus membantu untuk memantau setiap aktivitas di dalam bus guna mencegah hal yang tidak diinginkan," jelas Sandry. 

 Dengan pemasangan kedua alat tersebut, Sandry memastikan saat ini memiliki DAMRI Central Control Room (DCCR) yang berada di kantor pusat dan cabang untuk mengamati serta mengendalikan kondisi operasional. "DCCR juga menginformasikan keadaan bus yang sekiranya perlu untuk melakukan perawatan maupun pergantian onderdil dengan mudah dan cepat," jelas Sandry. 

Selain DFMS, Sandry mengatakan Damri juga mengoptimalkan Sistem Informasi Manajemen Administrasi (SIMA) sebagai langkah yang cermat berbasis analisis atas situasi dan kondisi perusahaan, serta tingkat kesiapannya. Hal terdebut diterapkan dalam rangka melaksanakan tata kelola perusahaan yang baik. 

Sandry menambahkan, pembenahan perusahaan lewat manajemen berbasis digital juga dimaksimalkan lewat pemanfaatan transaksi nontunai. Dia menuturkan, tiket elektronik telah dikembangkan melalui beragam saluran yaitu DAMRI Apps untuk pengguna Android dan Tiket.damri.co.id untuk memudahkan pengguna untuk mengecek jadwal bus hingga pembelian tiket melalui genggaman telepon pintar.

"Ke depannya Damri Apps akan segera hadir untuk pengguna iOS. Selain itu, tiket DAMRI juga dapat dibeli melalui saluran agen perjalanan digital seperti Redbus dan Traveloka" ungkap Sandry.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement