REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI memberikan potongan harga khusus sebesar 20 persen untuk perjalanan kereta api komersial kelas eksekutif dan bisnis. Vice President Public Relations KAI, Anne Purba, mengatakan hal ini merupakan bentuk komitmen perusahaan dalam menyemarakkan Jakarta Fair Kemayoran 2025 sekaligus meningkatkan minat masyarakat menggunakan transportasi massal yang aman, nyaman, dan efisien.
“Promo ini merupakan bagian dari komitmen KAI untuk terus hadir lebih dekat dengan masyarakat melalui berbagai momentum strategis, termasuk keikutsertaan dalam perhelatan tahunan terbesar di Ibu Kota,” ujar Anne dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (19/6/2025).
Anne menyampaikan potongan harga ini berlaku untuk pembelian langsung di booth KAI selama Jakarta Fair Kemayoran 2025, yang digelar mulai 19 Juni hingga 13 Juli 2025. Ia menjelaskan bahwa program ini bukan hanya sarana promosi, tetapi juga bentuk kontribusi aktif KAI dalam mendorong mobilitas nasional dan memperkuat pariwisata domestik melalui penyediaan layanan transportasi berkualitas.
“Jakarta Fair adalah momen yang dinantikan jutaan pengunjung. Kami ingin memberi nilai tambah bagi masyarakat yang hadir dengan memberikan kemudahan akses perjalanan menggunakan kereta api,” ucap Anne.
Anne menyampaikan tarif diskon 20 persen ini hanya dapat diperoleh secara langsung di booth KAI yang berada di area Jakarta Fair, selama acara berlangsung. Tiket yang dibeli berlaku untuk keberangkatan hingga H-45 dari tanggal pembelian, dengan ketersediaan sesuai kuota yang disediakan.
Anne mengatakan diskon ini berlaku untuk perjalanan menggunakan kereta api komersial kelas eksekutif dan bisnis di Pulau Jawa dan Sumatera. Namun demikian, tiket promo ini tidak berlaku untuk layanan premium seperti Kereta Kompartemen, Luxury, Priority, Imperial, Panoramic, dan kereta wisata lainnya.
Anne menambahkan, promo ini juga memiliki ketentuan tambahan seperti tidak berlaku pada tarif khusus serta tidak dapat digabungkan dengan diskon atau reduksi lainnya. Namun, tiket yang dibeli tetap dapat dibatalkan atau diubah jadwalnya sesuai regulasi yang berlaku.
Selain memberi kemudahan lewat tarif promo, kehadiran booth KAI di Jakarta Fair juga menjadi ajang interaksi langsung antara pelanggan dan insan perkeretaapian. Pengunjung dapat berkonsultasi, bertanya seputar layanan, hingga mendapatkan informasi mengenai berbagai inovasi terbaru dari KAI Group.
“Program ini menjadi salah satu wujud nyata komitmen KAI dalam menghadirkan layanan transportasi publik yang semakin dekat, mudah dijangkau, dan relevan dengan kebutuhan masyarakat masa kini,” kata Anne.