Senin 10 Aug 2020 23:02 WIB

PT Pertani dan TaniHub Targetkan Penjualan Beras 150 Ton

Kerja sama ini akan menyentuh sisi hulu hingga ke hilir pemasaran beras

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Gita Amanda
Ilustrasi produksi beras di tingkat petani
Ilustrasi produksi beras di tingkat petani

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Startup pertanian TaniHub Group bekerja sama dengan PT Pertani (Persero), Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di sektor pertanian. Kolaborasi mutual ini mencakup produksi dan pemasaran beras, serta pendanaan untuk mendukung operasional Pertani.

Kerja sama ini dapat dikatakan layaknya sebuah ekosistem karena mencakup produksi dan penyerapan beras dari hulu ke hilir. Pertani yang memang dikenal sebagai produsen beras bergandengan tangan dengan TaniHub yang dikenal dengan kemampuannya dalam menjangkau pasar untuk produk-produk pertanian dan pangan.

Baca Juga

Melalui kerjasama ini, diharapkan Pertani dapat meningkatkan volume penjualan berasnya hingga lebih dari 150 ribu ton per tahun.

CEO TaniHub Group, Ivan Arie Setiawan, mengatakan bahwa kerja sama ini akan menyentuh sisi hulu hingga ke hilir.

"Kami gembira dapat bekerjasama dengan BUMN pertanian pertama Indonesia. Bersama PT Pertani, TaniHub akan membantu meningkatkan kapasitas dalam pembelian gabah sampai penjualan beras," kata Ivan dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Senin (10/8).

Direktur Utama PT Pertani (Persero), Maryono mengatakan bahwa kerja sama PT. Pertani dan TaniHub ini sangat strategis karena kedua bersama-sama mempunyai pandangan yang sama untuk memajukan bidang pertanian, khususnya perberasan dan perbenihan, dan tidak menutup kemungkinan untuk berkembang ke budidaya hasil pertanian lainnya.

"PT. Pertani akan terus mendukung petani-petani di Indonesia dan khususnya kepada generasi milenial untuk ikut serta memberikan solusi bagi pertanian di Indonesia.” kata Maryono.

Kerjasama yang terjalin antara TaniHub Group dengan Pertani akan memudahkan pelanggan dalam mendapatkan beras. Kini, pelanggan dapat membeli beragam jenis beras yang diproduksi oleh Pertani, mulai dari beras merah, beras organik, sampai beras premium melalui platform e-commerce TaniHub.

Selain itu, pelanggan di berbagai sektor, seperti hotel, restoran, katering (horeka), ritel, badan usaha pemerintah pusat dan daerah, juga dapat melakukan pembelian beras dengan jenis Beras Custom yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Di samping pemasaran beras, kerja sama ini memungkinkan TaniHub Group melalui platform TaniHub untuk memasarkan produk Pertani lainnya, di antaranya yaitu benih dan pupuk.

Selain itu, TaniHub Group melalui platform peer-to-peer lending-nya, TaniFund, juga dapat memberikan pendanaan kepada Pertani untuk membeli, memperbaiki, dan atau merawat mesin serta alat produksi beras dalam rangka meningkatkan produktivitas dan efisiensi bersama.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement