Senin 15 Jun 2020 16:16 WIB

Bantu Pendanaan Covid-19, ORI017 Resmi Diluncurkan

Dengan membeli ORI017, masyarakat berpartisipasi dalam pemulihan pembangunan.

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Fuji Pratiwi
Petugas bank melayani nasabah calon pembeli Obligasi Ritel Indonesia (ORI) (ilustrasi). Kementerian Keuangan resmi merilis instrumen Obligasi Negara Ritel (ORI) seri ORI017.
Foto: antara
Petugas bank melayani nasabah calon pembeli Obligasi Ritel Indonesia (ORI) (ilustrasi). Kementerian Keuangan resmi merilis instrumen Obligasi Negara Ritel (ORI) seri ORI017.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Keuangan resmi merilis instrumen Obligasi Negara Ritel (ORI) seri ORI017. Per hari ini, Senin (15/6), masyarakat sudah bisa memesan ORI017 secara online melalui 25 mitra distribusi yang telah ditetapkan. Periode penawaran akan berakhir pada 9 Juli 2020 mendatang. 

Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan, Luky Alfirman, mengatakan ORI017 hadir di tengah kondisi ketidakpastian saat ini untuk menjadi alternatif investasi utama bagi masyarakat. "Dalam kondisi saat ini masyarakat memerlukan investasi yang aman, mudah, terjangkau serta dapat dicairkan sebelum jatuh tempo," kata Luky, Senin (15/6). 

Baca Juga

Dengan membeli ORI017, masyarakat juga turut serta berpartisipasi dalam upaya pemulihan pembangunan dan perekonomian Indonesia. Sebab, hasil penerbitan instrumen ini nantinya akan digunakan untuk pembiayaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), termasuk untuk penanggulangan dan pemulihan dari pandemi Covid-19.

Sebagai informasi, total anggaran yang disiapkan pemerintah khusus untuk pemulihan ekonomi mencapai Rp 589,65 triliun. Bila ditambah dengan anggaran kesehatan Rp 87,55 triliun, keseluruhan anggaran pemerintah untuk penanganan Covid-19 mencapai Rp 677,2 triliun. Salah satu sumber pembiayaan ini berasal dari penerbitan Surat Berharga Negara (SBN) seperti ORI017. 

 

ORI017 menawarkan imbal hasil sebesar 6,4 persen setiap tahunnya dengan minimun pemesanan sebesar Rp 1 juta dan maksimum pemesanan mencapai Rp 3 miliar. Pembayaran kupon akan dilakukan setiap bulannya ditanggal 15. Adapun tenornya ditetapkan selama tiga tahun yaitu hingga 15 Juli 2023. 

Masyarakat dapat memesan pembelian ORI017 di 16 bank yaitu BCA, BNI, Bank Permata, BRI, BTN, Maybank Indonesia dan Bank CIMB Niaga, Bank Mandiri, Bank OCBC NISP, Bank Panin, Bank DBS Indonesia, Bank HSBC Indonesia, Bank UOB Indonesia, Bank Commonwealth, Bank Danamon Indonesia, dan Bank Victoria International.

Masyarakat juga bisa memesan di empat perusahaan efek yaitu Trimegah Sekuritas Indonesia, Danareksa Sekuritas, Bahana Sekuritas, dan Mandiri Sekuritas. ORI017 juga bisa didapatkan di tiga perusahaan efek khusus yaitu Bareksa Portal Investasi, Tanamduit, dan Invisee. Selain itu, masyarakat dapat pula mengakses dua perusahaan tekfin untuk mendapatkan ORI017 yaitu Investree dan Modalku. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement