REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Pertamina menggandeng ojek online (ojol) untuk mengantarkan BBM, LPG Bright Gas, dan pelumas ke rumah-rumah konsumen yang melakukan delivery order melalui call center 135 atau layanan Whatsapp. "Kerja sama pengantaran BBM, LPG Bright Gas, dan pelumas dengan ojol untuk memberikan pelayanan yang baik bagi konsumen," kata Direktur Pemasaran Retail Mas’ud Khamid dalam keterangan tertulis di Jakarta, Ahad (19/4).
Ia mengemukakan bahwa permintaan melalui delivery service atau jasa pengiriman meningkat setelah pemberlakuan social distancing (jaga jarak) yang dilanjutkan dengan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Dengan adanya kerja sama ini, Pertamina memberikan cashback 50 persen (atau maximum Rp 15 ribu) kepada 10 ribu orang pengemudi ojol setiap harinya.
"Cashback berlaku untuk pembelian produk produk nonsubsidi, seperti Pertalite dan Pertamax, yang dibeli secara nontunai menggunakan aplikasi MyPertamina,” ujar Mas’ud. Hal ini merupakan bagian dari kampanye penggunaan BBM ramah lingkungan, serta mendorong transaksi nontunai di SPBU. Mas’ud menegaskan, Program cashback bagi ojol akan berjalan selama tiga bulan, mulai 14 April sampai 12 Juli 2020.
Selain program khusus ojol tersebut, Pertamina juga memberikan promo kepada seluruh konsumen. Promo tersebut berupa bagi-bagi hadiah senilai lebih dari Rp 30 miliar melalui Program Berbagi Berkah MyPertamina yang dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia. Program ini berlaku mulai 1 Februari 2020 hingga 15 November 2020 dengan dua tahapan pengundian. Pengundian pertama pada Juni 2020 dan pengundian kedua di akhir tahun 2020.
Pada Januari-Maret sebelumnya, Pertamina pun memberikan program promo cashback yang berlaku bagi seluruh konsumen hingga 30 persen (atau maksimal Rp 30 ribu). Program promo itu juga berlaku bagi 2.000 konsumen setiap harinya untuk pembelian Pertamax, Pertamax Turbo dan Pertamina Dex secara nontunai melalui Aplikasi MyPertamina plus cashback 25 persen atau maksimal Rp 25 ribu dari LinkAja.
“Pertamina akan terus meningkatkan pelayanan kepada konsumen dengan berbagai program promo yang menarik sesuai dengan perkembangan situasi terkini di lapangan,” ucap Mas’ud.