Kamis 05 Mar 2020 21:41 WIB

Masih Kesulitan Melakukan Transaksi PLN? Cek PLN Online

PLN Online dapat menghemat waktu, tenaga dan bahkan biaya.

PLN Online memudahkan pengguna membayar listrik.
Foto: PLN.co.id
PLN Online memudahkan pengguna membayar listrik.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Listrik pada saat ini telah menjadi kebutuhan dasar yang dibutuhkan oleh semua orang. Semua peralatan yang Anda gunakan dalam kegiatan sehari-hari misalnya rice cooker, mesin cuci, kulkas, televisi, radio membutuhkan sumber energi listrik. Lalu, sudahkah Anda mengetahui bahwa sekarang telah tersedia PLN online? PLN online ini merupakan salah satu pelayanan yang hadir untuk membantu Anda dalam melakukan transaksi pembayaran listrik bagi yang menggunakan listrik konvensional. Tidak hanya itu, dengan sistem baru ini Anda juga bisa membeli pulsa token listrik bagi yang menggunakan pelayanan listrik prabayar.

Dengan menggunakan pelayanan tersebut dapat menghemat waktu, tenaga dan bahkan biaya. Mengapa demikian? Karena dengan menggunakan PLN online Anda hanya perlu membuka smartphone, lalu melakukan pembayaran tanpa perlu meninggalkan rumah. Anda bisa melakukan transaksi hanya melalui smartphone Anda. Anda tidak perlu pergi ke manapun baik itu unit PLN atau juga outlet penjual pulsa bila menggunakan listrik prabayar. Jadi, pekerjaan Anda tidak akan terganggu sama sekali karena hal tersebut. Tidak hanya itu masih ada banyak keunggulan lain yang bisa Anda dapatkan dari PLN online ini. Simak penjelasan berikut untuk mengetahui lebih detail.

Keunggulan dari PLN Online Dibandingkan Offline

PLN online adalah salah satu terobosan yang hadir untuk memudahkan Anda dalam melakukan pembayaran maupun pembelian token listrik tanpa perlu datang langsung unit PLN. Berbicara mengenai PLN online, ada banyak keunggulan dari penggunaan layanan ini yang belum banyak orang ketahui. Berikut penjelasan tersebut:

1. Bayar tagihan lebih nyaman tanpa ribet

Bagi pengguna listrik pascabayar misalnya Anda, setiap bulannya dibebani untuk melakukan pembayaran. Jika Anda melewati batas waktu yang telah ditentukan, pasti Anda akan mendapatkan sanksi berupa tambahan biaya dari yang seharusnya dibayarkan. Lalu, banyak kasus bahwa ada banyak pengguna listrik pascabayar yang telat dalam pembayarannya.

Setelah diselidiki hal ini bukan karena mereka tidak memiliki uang, namun karena kesibukan mereka. Maka dari itu, di sinilah PLN online hadir untuk membantu Anda dalam mengatasi masalah tersebut. Dengan menggunakan layanan ini, Anda membayar tagihan listrik tanpa harus datang ke unit PLN. Anda bisa melakukan transaksi dengan melakukan aktivitas Anda misalnya saat bekerja. Jadi, Anda dengan ini Anda tidak akan lagi mendapatkan denda karena ketelatan pembayaran.

2. Isi pulsa listrik lebih efisien

PLN online tidak hanya menyediakan transaksi pembayaran pascabayar, namun juga melayani pembelian token listrik. Jadi, apabila sewaktu-waktu kWh turun atau alarm peringatan sudah berbunyi maka Anda bisa langsung membelinya pada alamat yang telah disediakan di atas. Dengan pelayanan ini Anda tidak perlu khawatir atau resah jika listrik sisa saldo Anda habis.

3. Pelayanan 24 jam

Listrik adalah kebutuhan semua orang yang harus selalu ada setiap waktu, namun apa jadinya jika saldo token Anda habis saat tengah malam? Tentu hal tersebut akan membuat Anda kebingungan untuk mencari outlet yang buka pada jam tersebut. Ditambah lagi, Anda memiliki usaha yang mengharuskan Anda untuk selalu tersedia saluran listrik 24 jam. Oleh sebab itu, PLN online hadir untuk memberikan solusi tersebut. Dengan pelayanan tersebut Anda bisa melakukan transaksi pembelian token listrik 24 jam, meskipun pada jam 00.00.

4. Pelayanan yang aman

Di zaman seperti ini, kejahatan bisa terjadi dan menyerang siapa pun. Hal ini terjadi karena banyak orang yang sedang berjuang mencari nafkah untuk keluarganya sementara lapangan pekerjaan semakin sempit. Alhasil bagi mereka yang tidak memiliki jalan lain dan gelap mata melakukan cara yang tidak halal untuk mendapatkan uang seperti menjambret, mencuri, dan sebagainya.

Melihat hal tersebut, bagi Anda yang ingin melakukan pembayaran listrik secara offline harus berhati-hati, apalagi jika nominal yang Anda akan bayarkan itu besar. Oleh karena itu, PLN online ada untuk membantu Anda dalam melakukan transaksi agar lebih aman. Dengan pelayanan tersebut, Anda bisa melakukan transaksi melalui transfer sehingga Anda tidak perlu membawa uang dengan jumlah banyak ke unit PLN.

5. Pelayanan Cek Tagihan

PLN online tidak hanya menyediakan jasa untuk pembelian token listrik dan juga pembayaran listrik pascabayar. Namun, di sini Anda juga bisa melakukan cek tagihan listrik. Hal ini akan memudahkan Anda yang menggunakan listrik pascabayar untuk mengetahui berapa nominal yang harus Anda sediakan untuk membayar tagihan. Jadi, Anda tidak akan kaget apabila saat membayar Anda mengetahui bahwa biaya yang dibebankan lebih dari perkiraan. Selain itu, Anda juga bisa lebih berhemat karena Anda bisa mengontrol pemakaian listrik Anda agar lebih bisa diminimalisir.    

Cara pasang PLN Online di smartphone Anda

Smartphone saat ini telah menjadi alat komunikasi yang serbaguna. Selain dapat digunakan untuk berkomunikasi, mengakses social media, smartphone juga dapat digunakan untuk melakukan transaksi pembayaran listrik. Transaksi tersebut dikenal dengan PLN Online. Dengan pelayanan ini Anda akan semakin mudah dan praktis dalam melakukan pembelian token pulsa atau pembayaran listrik pascabayar. Layanan ini bisa hanya dengan smartphone. Karena layanan ini membutuhkan internet sebagai perantara. Jadi, hal-hal yang harus Anda lakukan beserta cara untuk memasang layanan ini diantaranya yaitu:

1. Memiliki smartphone dengan kuota internet

Wajib bagi Anda jika ingin mengakses layanan PLN Online untuk memiliki smartphone. Lalu, smartphone saja juga tidak akan berfungsi jika tidak memiliki kuota internet untuk mengakses layanan tersebut. Jadi, pastikan Anda memiliki paket internet dalam smartphone Anda.

2. Kunjungi URL atau alamat yang telah dituliskan pada penjelasan sebelumnya

Untuk masuk ke URL tersebut anda bisa gunakan search engine apapun misal Google chrome atau Mozilla Firefox

3. Lalu klik alamat tersebut dan Anda akan dibawa ke halaman pelayanan PLN Online.

4. Perhatikan baik-baik menu yang ada, jika Anda belum memiliki akun PLN Online silahkan pilih “Daftar”, namun apabila Anda sudah memiliki tinggal pilih “Masuk”.

5. Ikuti alur pendaftaran yang ada. Anda bisa mendaftar dengan akun Google atau juga bisa menggunakan Facebook.

6. Jika tahap pendaftaran selesai, Anda bisa memilih menu yang ada pada halaman awal. Anda bisa memilih menu ingin membayar tagihan pascabayar, membeli token listrik, atau cek tagihan listrik.

Cara pembelian pulsa atau token listrik yang mudah dan aman

Zaman sekarang sudah serba canggih. Semua sudah serba online termasuk beli token listrik. Hal tersebut bisa Anda lakukan dengan menggunakan PLN Online. Layanan tersebut bisa Anda akses dengan smartphone Anda. Jadi, Anda tidak perlu ribet lagi jika ingin membeli pulsa listrik. Kemudahannya lagi sewaktu-waktu saldo Anda habis di saat Anda jauh dari jangkauan outlet penjual pulsa atau saat tengah malam Anda tetap bisa mengisi saldo Anda via online. Lalu, bagi Anda yang belum pernah menggunakan layanan ini pasti bingung mengenai caranya untuk mengisi token listrik. Tenang di sini akan dibahas mengenai cara pembelian token listrik, diantaranya yaitu:

•    Masuk pada aplikasi PLN Online. Jika masih bingung langsung klik URL diatas.

•    Daftar akun pengguna sebagai tahap awal jika Anda adalah pemula. Namun, jika sudah memiliki akun langsung masuk pada akun Anda dengan memasukkan username dan password Anda

•    Di sana Anda akan ditawarkan pilihan menu tagihan PLN atau token PLN. Pilihlah token PLN

•    Lalu masukkan nomor meter atau ID pelanggan

•    Pilihlah nominal token yang Anda butuhkan

•    Setelah itu klik bagian lihat tagihan

•    Anda akan diminta untuk memilih pembayaran token tersebut misal via transfer

•    Transfer sejumlah pilihan token Anda tadi.

•    Tunggu paling lama sekitar 5 menit, pulsa Anda akan masuk

•    Jika sudah masuk, Anda akan mendapatkan nomor seri untuk Anda masukkan pada meteran listrik Anda.

Bingung cek tagihan listrik Anda? Yuk cek di PLN Online!

Bagi Anda pengguna listrik pascabayar sedikit lebih harus hati-hati daripada prabayar. Mengapa demikian? Karena dengan listrik pascabayar tidak ada batasan penggunaannya. Hal ini berbeda dengan listrik prabayar. Penggunaan listrik prabayar ada batas penggunaan yaitu sebesar kWh yang telah dibeli melalui token listrik. Jika kWh habis itu tandanya Anda harus membeli token listrik. Selain itu, dengan listrik prabayar tidak ada yang namanya denda.

Namun, jika menggunakan listrik pasca bayar Anda akan mendapatkan denda jika melebihi batas waktu pembayaran yang telah ditentukan. Maka dari itu PLN Online hadir untuk mengatasi permasalahan tersebut. Pada pelayanan ini tidak hanya transaksi pembayaran atau pembelian token listrik, namun juga Anda bisa melakukan cek tagihan listrik bagi penggunaan pascabayar.

Berikut akan dijelaskan bagaimana cara melakukan cek tagihan listrik melalui layanan ini, diantaranya yaitu:

1. Kunjungi aplikasi PLN Online

2. Jika bingung aplikasi yang mana mengingat ada banyak sekali aplikasi seperti itu banyak, bisa langsung klik alamat di atas

3. Lakukan registrasi sebagai pengguna baru yang belum memiliki akun

4. Lalu, jika sudah masuk pada halaman awal dan pilihlah menu cek tagihan

5. Masukkan ID anda jika sudah dan klik cek tagihan

6. Di sana akan disajikan secara detail mengenai tagihan listrik Anda.

Setelah disajikan beberapa pembahasan di atas dapat disimpulkan bahwa PLN Online adalah salah satu layanan yang bisa memudahkan Anda dalam pembayaran. Jika belum memiliki layanan tersebut segera install. Nikmati segala kemudahan yang diberikan oleh layanan ini. Jadi, dan ingat hematlah dalam menggunakan energy terlebih energy listrik. Gunakanlah secukupnya  listrik tersebut. Jika tidak menerapkan hidup hemat listrik yang ada  nanti kelak pada masa cucu kita sudah tidak ada listrik. Maka dari itu, Anda tidak ingin bukan hal tersebut terjadi nantinya dan menimpa cucu Anda.

Oleh sebab itu, dukung program pemerintah untuk selalu hidup yang ramah lingkungan contohnya mematikan lampu yang sudah tidak dipakai. Sekecil apapun perilaku kita untuk lingkungan pasti akan membantu penghematan energi yang sudah digalakkan oleh pemerintah. Jadi, jangan jadikan segala kemudahan yang ada seperti PLN Online tersebut sebagai jalan Anda untuk bersikap boros akan sumber energi listrik yang tidak dapat diperbaharui lagi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement