Kamis 30 Jan 2020 08:07 WIB

Luncurkan Griya Berkah, BSM Targetkan Pembiayaan Rp 2 T

BSM jadi bank pertama yang asosiasikan pembiayaan rumah dengan dengan Tabungan Haji.

Rep: Novita Intan/ Red: Friska Yolanda
Teller melayani nasabah di Bank Syariah Mandiri (Mandiri Syariah) Kantor Cabang Mayestik, Jakarta, Rabu (30/10).
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Teller melayani nasabah di Bank Syariah Mandiri (Mandiri Syariah) Kantor Cabang Mayestik, Jakarta, Rabu (30/10).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Bank Syariah Mandiri meluncurkan pembiayaan rumah dengan hadiah porsi haji (Griya Berkah) yang menyasar nasabah milenial. Perusahaan menargetkan penyaluran pembiayaan Griya Berkah sebesar Rp 2 triliun ataua tumbuh 20 persen secara tahunan (year on year/yoy). 

SEVP Retail Banking Mandiri Syariah Wawan Setiawan mengatakan produk Griya Berkah yang berhadiah porsi haji merupakan strategi perusahaan untuk mendorong minat para milenial memiliki rumah dan melaksanakan ibadah haji. Hadiah akan diproses melalui Tabungan Mabrur nasabah selama periode dua tahun pembiayaan selama pembayaran angsuran lancar. 

“Produk tersebut menggunakan akad murabahah dan ditujukan bagi nasabah pembiayaan pemilikan rumah hunian baik baru, rumah belas maupun take over dari bank lain,” ujarnya dalam keterangan tulis, Kamis (30/1).

Bagi kepemilikan rumah baru, perusahaan menawarkan ticket size mulai dari Rp 400 juta dengan bunga 6,20 persen per tahun. Tahun lalu, pembiayaan Griya Mandiri Syariah tumbuh hampir 12 persen (yoy).

"Produk Griya Berkah ini target penyalurannya Rp 2 triliun untuk mendorong pertumbuhan pembiayaan Griya tahun ini 20 persen,” ucapnya.

Adapun total nasabah Griya Mandiri Syariah sebanyak 50 ribu nasabah dengan komposisi 40 persen merupakan usia milenial. Pada tahun ini diharapkan nasabah milenial bisa mencapai 60 persen. 

Dari sisi kualitas pembiayaan, non performing financing (NPF) Griya berada posisi 1,3 persen, lebih rendah dibandingkan dengan industri yang berada 2,2 persen untuk non performing loan (NPL) kredit pemilikan rumah (KPR). 

"Kualitas kami jaga bagus karena target nasabah kami jelas, kami juga kerja sama dengan developer bagus, kami cek lokasi juga, kita benar-benar juga. Tahun ini kami jaga NPF lebih rendah dari tahun lalu yang 1,3 persen,” kata Wawan. 

Pada Desember 2019, Tabungan Mabrur Mandiri Syariah mencapai lebih dari Rp 5 triliun dengan jumlah rekening mencapai 2 juta rekening menunjukkan potensi haji sangat besar. Dengan maksimal nilai pembiayaan sebesar Rp 5 miliar, Griya Berkah mempunyai jangka waktu pinjaman atau tenor hingga 20 tahun. 

Sementara Group Head Consumer and Finance Mandiri Syariah Praka Mulia Agung menambahkan Mandiri Syariah merupakan bank pertama yang mengasosiasikan produk pembiayaan rumah dengan dengan produk Tabungan Haji. Pada tahap awal produk tersebut akan menjangkau wilayah Jabodetabek untuk selanjutnya secara bertahap akan meluas ke kota-kota besar lainnya. 

"Jadi selain mendapatkan rumah impian, nasabah akan mendapatkan tambahan hadiah berupa Tabungan Mabrur untuk membayarkan porsi haji dalam periode 2 tahun, di mana dalam dua tahun jika pembayaran lancar kita akan transfer dana setiap bulan hingga mencapai Rp 25 juta untuk setoran haji," jelas Praka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement