Rabu 22 Jan 2020 20:37 WIB

Jabat Komut, Triawan Ingin Perbaiki Citra dan Kinerja Garuda

Triawan Munaf menekankan pentingnya good corporate governance.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Teguh Firmansyah
Komut Garuda terpilih Triawan Munaf.
Foto: Antara/M Risyal Hidayat
Komut Garuda terpilih Triawan Munaf.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komisaris Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Triawan Munaf mengaku sudah diminta Menteri BUMN Erick Thohir menjadi komisaris utama Garuda sejak akhir tahun lalu. Erick, kata Triawan, berpesan kepada dirinya untuk menjalankan misi Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk membawa Garuda lebih baik.

"Misi presiden yang harus dilaksanakan, lalu BUMN sebagai agen perubahan, apalagi Garuda itu sebuah kebanggaan yang harus kita tingkatkan," ujar Triawan saat dihubungi di Jakarta, Rabu (22/1).

Baca Juga

Triawan tak menampik Garuda tengah menjadi sorotan. Triawan menganggap banyaknya sorotan kepada Garuda merupakan sebuah harapan membawa maskapai pelat merah tersebut menjadi lebih optimal.

"Kalau (sisi) baiknya pasti dianggap sebagai keharusan. Jadi memang kita harus jalankan tugas dengan ikhlas," ucap Triawan.

Triawan belum dapat berbicara lebih jauh mengenai tugasnya di komisaris Garuda lantaran belum bertemu dengan jajaran direksi dan komisaris Garuda yang lain. Menurut Triawan, direksi dan komisaris Garuda yang baru akan mengatur pertemuan untuk membicarakan langkah dan fokus apa saja yang akan dilaksanakan.

Triawan menilai sejumlah poin penting dalam misinya menjadi komisaris utama Garuda seperti good corporate governance atau tata kelola perusahaan yang baik dan akhlak yang terpuji.

"Nomor satu good corporate governance, tentang akhlak, tingkatkan moral, itu paling penting," kata Triawan.

Triawan juga sepakat mengenai pentingnya peningkatan kreativitas dan inovasi dalam layanan Garuda ke depan.

"Untuk banyak orang naik pesawat terbang itu sebuah kejadian yang luar biasa. Maka harus ada sesuatu yang baru agar terus kompetitif. Pokoknya semuanya harus bisa memuaskan pelanggan," ucap Triawan.

Triawan juga ingin memperbaiki citra Garuda Indonesia menyusul kasus penyelundupan motor Harley Davidson beberapa waktu lalu. Triawan meyakini perbaikan citra perusahaan akan berbanding lurus dengan kinerja perusahaan.

"Kalau kita memenuhi dasar pekerjaan kita dengan baik tentu citranya akan bisa kembali. Dengan memperbaiki citra kita juga perbaiki kinerja," kata Triawan menambahkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement